Dukung Pengembangan SDM Desa, Inilah Sejumlah Proker Strategis Kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Bambulung

 Dukung Pengembangan SDM Desa, Inilah Sejumlah Proker Strategis Kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Bambulung

FOTO : Kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Bambulung bersama perwakilan Dinas Pendidikan Bartim melakukan kunjungan ke SDN 1 Bambulung. (Foto IST.)

Kaltengnews.co.id – Bambulung, Pematang Karau – Kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Bambulung, Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur (Bartim) bersama perwakilan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Bartim, melakukan kunjungan ke SDN 1 Bambulung, pada hari Rabu 23 Maret 2022 kemaren.

Hal tersebut disampaikan oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Bambulung, Dr. Andi Bustan, MSi kepada redaksi Kaltengnews.co.id, melalui pesan WhatsApp pribadinya, Minggu (27/03/2022) sore.

“Adapun tujuan dari kunjungan tersebut, yakni tidak lain dalam rangka mendukung program kerja (Proker) Kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Bambulung di sektor pendidikan, utamanya dalam rangka pengembangan pendidikan di desa setempat,”ucapnya.

Lanjut Dr. Andi Bustan mengatakan bahwa sebenarnya masih banyak program kerja (Proker) dari kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Bambulung. Tidak hanya di bidang pendidikan, tapi adapula bidang lainnya, seperti Penanggulangan stunting; Penanganan dan edukasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla); Pencegahan Covid-19; Pembinaan siswa SD, SMP dan SMA melalui kegiatan bimbingan belajar.

Kemudian, Program ketahanan pangan; Penyuluhan kesehatan kerjasama dengan Puskesmas setempat; Pembinaan PKK lewat program pembuatan kuliner khas Desa Bambulung; Kebersihan lingkungan khususnya tempat-tempat sosial; Pembuatan administrasi Desa, dan Pelaksanaan Program Desa Bersinar.

“Secara umum, setiap program kerja (Proker) disusun dan dilaksanakan oleh kelompok KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Bambulung, adalah untuk Meningkatkan SDM masyarakat Desa; Menggali potensi desa, sebagai wujud implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya dalam hal pengabdian kepada masyarakat, serta implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan wujud program UPR Membangun Desa,”tulisnya.

Dr. Andi Bustan juga mengatakan bahwa kegiatan KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Bambulung dilaksanakan selama 2 (dua) bulan. Dan, selama kegiatan tersebut berlangsung, diharapkan program kerja yang dilaksanakan dapat memberikan kontribusi positif untuk pembangunan desa setempat.

Selain itu, masyarakat juga mengetahui peran UPR sebagai lembaga pendidikan yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat di daerah, serta mampu mendorong percepatan pembangunan desa untuk menuju Desa Maju dan Mandiri.

“Tidak lupa, kami juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya, atas tanggapan positif dari pihak pemerintah daerah setempat, serta sambutan baik dari masyarakat Desa Bambulung. Mereka sangat berharap, melalui kegiatan KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Bambulung, para mahasiswa ini benar-benar dapat membantu masyarakat setempat, dalam menghadapi berbagai kendala di berbagai sektor.”

“Selain itu, perwakilan kepala desa setempat juga menyambut baik adanya kegiatan KKNT-Mandiri UPR periode I tahun 2022 di Desa Bambulung. Di mana harapannya, melalui kegiatan KKNT-Mandiri UPR Membangun Desa Bambulung ini, dapat benar-benar membantu masyarakat, terlebih berkenaan dengan upaya membangun desa, sekaligus pula merubah kebiasaan warga yang tadinya pasif menjadi aktif dan kreatif.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV  

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!