Berharap Pemda Dukung Masyarakat Kembangkan Teknologi Tepat Guna

 Berharap Pemda Dukung Masyarakat Kembangkan Teknologi Tepat Guna

FOTO : Anggota DPRD Kalteng dari Fraksi PDI-P, Andina Theresia Narang. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong pemerintah daerah (Pemda) baik itu pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota se-Kalimantan Tengah untuk bisa mendukung dan melakukan pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) hasil karya cipta masyarakat lokal. Hal tersebut diutarakan oleh Anggota DPRD Kalteng dari Fraksi PDI-P, Andina Theresia Narang.

“Selama ini banyak masyarakat yang sudah mengembangkan teknologi tepat guna, namun disayangkan masih belum begitu mendapat dukungan dari pemerintah setempat,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Lanjut Srikandi PDI-P Kalteng ini juga mengatakan bahwa teknologi tepat guna yang telah diciptakan masyarakat, hendaknya perlu didukung penuh dan dikembangkan oleh pemerintah setempat.

“Kapan perlu, teknologi tepat guna yang dikembangkan dan menjadi temuan masyarakat, juga bisa didukung oleh penganggaran yang ada, sehingga pengembangannya akan lebih maksimal,”harapnya.

Sambung Wakil rakyat asal pemilihan Kalteng I, Kota palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini berpendapat sekarang ini, sudah beberapa teknologi tepat guna yang ditemukan/dihasilkan oleh masyarakat, hanya saja belum didukung sepenuhnya oleh pemerintah daerah.

Adapun, dukungan yang dimaksud, yakni bisa berupa penganggaran, riset dan pengembangan, serta tidak kalah pentingnya adalah untuk mematenkan teknologi tepat guna yang dihasilkan oleh masyarakat tersebut.

Teknologi tepat guna yang dihasilkan oleh masyarakat, dinilai sangat baik dan memberikan banyak manfaat di berbagai bidang/sektor kehidupan.

Ia juga berharap jika memang itu memungkinkan untuk bisa dikembangkan dan didukung oleh pemerintah daerah, bahkan sampai bisa dipatenkan, tentunya itu akan menjadi suatu kebanggan kita bersama.

”Oleh sebab itu, saya berharap seraya mendorong pemerintah untuk lebih memperhatikan pengembangan teknologi tepat guna hasil karya masyarakat.”

“Seperti, pemanfaatan sampah hingga kotoran hewan yang bisa dikembangkan menjadi sumber bio gas atau sarana penerangan. Selain itu, mungkin masih banyak lagi teknologi tepat guna yang dihasilkan oleh masyarakat, namun belum banyak diketahui oleh khalayak ramai.” tandasnya. (YS)

 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!