UPR Gelar Kegiatan Pembekalan Penguatan dan Pemahaman bagi PNS Formasi Tahun 2018 dan Tahun 2020

 UPR Gelar Kegiatan Pembekalan Penguatan dan Pemahaman bagi PNS Formasi Tahun 2018 dan Tahun 2020

FOTO : Pembekalan penguatan dan pemahaman bagi seluruh PNS Formasi Tahun 2018 dan Tahun 2020 tentang Universitas Palangka Raya. Kegiatan berlangsung di Aula Rahan, Lantai II Gedung Rektorat UPR, Jalan Hendrik Timang Kota Palangka Raya, Senin (14/2/2022) pagi.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar kegiatan pembekalan penguatan dan pemahaman bagi seluruh PNS Formasi Tahun 2018 dan Tahun 2020 tentang Universitas Palangka Raya. Kegiatan berlangsung di Aula Rahan, Lantai II Gedung Rektorat UPR, Jalan Hendrik Timang Kota Palangka Raya, Senin (14/2/2022) pagi.

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Rektor UPR Bidang Hukum, Organisasi SDM dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Suandi Sidauruk, MPd, Wakil Rektor UPR Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Salampak, MS dan Wakil Rektor UPR Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Berkat, SP, MSi.

Usai memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan, Wakil Rektor UPR Bidang Hukum, Organisasi SDM dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Suandi Sidauruk, MPd yang mewakili Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE, MSi menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi sangat penting untuk dilaksanakan bagi warga kampus, khususnya tenaga pendidik (dosen, red) dan tenaga kependidikan (admnistrator, red) PNS formasi tahun 2018 dan tahun 2020. Dimana, tujuannya tidak lain untuk memberikan pembekalan penguatan dan pemahaman tentang Universitas Palangka Raya, agar mereka bisa mengenal lebih dalam Universitas Palangka Raya.

FOTO : Wakil Rektor UPR Bidang Hukum, Organisasi SDM dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Suandi Sidauruk, MPd yang mewakili Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE, MSi saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Pembekalan Penguatan dan Pemahaman bagi PNS Formasi Tahun 2018 dan Tahun 2020.

“Penting untuk disadari bersama bahwa kedepan Provinsi Kalimantan Tengah akan menjadi daerah penunjang Ibu Kota Negara Baru (IKNB). Dimana, tentunya kedepan UPR akan memegang peranan penting dalam upaya mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul dan Berdaya Saing Global. Dan, untuk itu perlu didukung oleh adanya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi yang baik pula,” ujar Wakil Rektor UPR Bidang Bidang Hukum, Organisasi SDM dan Kemahasiswaan.

Lanjut Prof. Suandi mengatakan bahwasanya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang merupakan PNS Formasi Tahun 2018 dan Tahun 2020 ini, selanjutnya bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. Khususnya, bagi tenaga pendidik atau dosen, sebagaimana diatur dalam UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, maka diharapkan dapat terus meningkatkan kompetensinya, dalam hal ini setidaknya bisa melanjutkan pendidikan hingga ke program Strata Tiga (S3) atau Doktor.

“Pasalnya, status pendidikan dan kompetensi seorang dosen akan memiliki kaitan erat dengan mutu dan kualitas institusi, dimana tempatnya mengajar. Saat ini, jumlah dosen di UPR ada kurang lebih sebanyak 700 orang, bahkan jika ditambah dengan yang baru ini bisa mencapai sebanyak 800 orang. Dimana, dari total jumlah dosen tersebut setidaknya 40 persen harus berkualifikasi pendidikan Strata Tiga (S3) atau Doktor.”

“Berkenaan hal tersebut, kami dari unsur pimpinan (Rektorat, red) selalu mendorong, mendukung dan memberikan kesempatan kepada para dosen yang masih berkualifikasi pendidikan Strata Dua (S2) atau Magister, agar bisa melanjutkan studinya ke jenjang Strata Tiga (S3) atau Doktor, melalui berbagai program beasiswa, baik itu dalam negeri maupun di luar negeri,” timpalnya.

Dikatakan Prof. Suandi, peningkatan kualifikasi pendidikan bagi para dosen, tidak hanya membawa dampak positif bagi diri pribadi dosen itu sendiri, melainkan juga bagi kualitas dari program studi, jurusan, fakultas dan Universitas Palangka Raya secara umum.

“Tidak hanya itu, dosen yang saat ini diterima di Universitas Palangka Raya, tidak hanya berasal dari dalam wilayah Kalimantan Tengah saja, tapi ada pula yang berasal dari luar Kalimantan Tengah. Itu artinya, UPR telah membuka kesempatan yang sama bagi putra putri bangsa untuk menjadi dosen di lingkungan Universitas Palangka Raya, tanpa memandang adanya perbedaan latar belakang suku, ras dan agama,” imbuhnya.

Kendati tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang diterima di Universitas Palangka Raya berasal dari berbagai latar belakang, Dirinya kembali mengatakan bahwa salah satu materi yang penting untuk disampaikan, yakni tentang Falsafah Huma Betang. Di mana, tujuannya untuk memberikan pemahaman terkait falsafah hidup masyarakat Kalimantan Tengah yang menjunjung tinggi toleransi, serta sikap untuk saling menghargai adanya suatu perbedaan.

Selain itu, ia juga menambahkan seraya berharap kepada seluruh peserta kegiatan pembekalan penguatan dan pemahaman bagi seluruh PNS Formasi Tahun 2018 dan Tahun 2020, selanjutnya dapat memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk turut memajukan Universitas Palangka Raya menuju UPR Jaya Raya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!