Terkait Rencana Pembukaan Ruas Jalan Baru Pulpis—Gumas, Legislator Provinsi ini Sarankan Pemerintah Tuntaskan Dulu Ruas Jalan Yang Ada

 Terkait Rencana Pembukaan Ruas Jalan Baru Pulpis—Gumas, Legislator Provinsi ini Sarankan Pemerintah Tuntaskan Dulu Ruas Jalan Yang Ada

FOTO : Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Katingan dan Gunung Mas Lohing Simon.

 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kalangan Legislator Provinsi Kalimantan Tengah menyarankan agar Pemerintah Daerah (Pemda) dapat menyerahkan ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Gunung Mas ke Pemerintah Pusat.

Hal tersebut diutarakan oleh Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Katingan dan Gunung Mas Lohing Simon kepada sejumlah awak media belum lama ini.

“Kalau ada niat pemerintah pusat mau membangun jalan baru Pulpis-Gumas. Kenapa tidak bantu saja tangani dulu perbaikan jalan yang ada. Saran saya pemprov serahkan saja ruas jalan provinsi tersebut ke pemerintah pusat agar bisa ditangani dana APBN,” ucapnya.

Lanjut Ketua Komisi II DPRD Kalteng ini juga mengatakan bahwa pembukaan jalan baru, tentunya membutuhkan biaya besar, baik untuk biaya pembangunan dan juga biaya pembebasan lahan masyarakat yang akan dilalui.

“Sebaiknya saat ini kita semua fokus menangani atau meningkatkan jalan yang ada Pulpis-Gumas. Tingkatkan kualitas jalan yang ada dari 8 ton menjadi 20 ton keatas. Segi biaya akan masih lebih murah jika dibandingkan membuat jalan baru,” ujarnya.

Politisi dari Fraksi PDI-P DPRD Kalteng ini juga mengutarakan bahwa memang kedepan pembangunan atau pembuatan jalan baru merupakan suatu kebutuhan, dalam rangka peningkatan pembangunan, penyebaran penduduk di daerah agar cepat berkembang.

“Kedepan pembukaan akses jalan baru merupakan kebutuhan pembangunan. Namun saat ini jalan provinsi antara Pulpis—Gumas masih butuh perhatian. Karena banyak PBS yang notabene melintasi ruas itu dan mereka bayar pajak ke pusat. Maka tidak ada salahnya pemerintah pusat juga harus memperhatikan ruas jalan tersebut supaya lebih maksimal lagi,”katanya.

Kalau ruas jalan yang ada sudah memadai, ucap Lohing, yakni aspalnya sudah bagus dan lancar, maka rencana pembangunan ruas baru Pulpis – Gumas tersebut tidak salah diwujudkan segera.

“Intinya kita semua, baik provinsi dan pusat sebaiknya fokus tangani dulu ruas jalan provinsi yang sudah ada antara Pulpis—Gumas yang kita tau banyak keluhan dan desakan, karena masih rusak, butuh perbaikan dan peningkatan untuk saat ini.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *