Terkait Kebijakan PJJ, Legislator Kota ini Sarankan Adanya Variasi Pembelajaran

 Terkait Kebijakan PJJ, Legislator Kota ini Sarankan Adanya Variasi Pembelajaran

FOTO : Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Kota Palangka Raya mengapresiasi sekaligus memberikan dukungan atas kebijakan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat untuk menghentikan sementara waktu kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan kembali menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau pembelajaran Dalam Jaringan (Daring).

Hal ini, menyusul angka perkembangan kasus Covid-19 di wilayah setempat yang sempat meningkat. Hal ini seperti diutarakan oleh Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo baru-baru ini.

Menurut Politisi PDI-P Kota Palangka Raya ini mengatakan bahwa langkah tersebut dinilai sudah sangat tepat. Terkait pembelajaran jarak jauh, ucap Sigit, hendaknya itu dapat dikemas secara lebih menarik dan bervariasi lagi. Hal ini, dimaksudkan agar materi yang disampaikan dapat diikuti dan diterima oleh para peserta didik secara baik.

“Berdasarkan data nasional terjadinya learning loss akibat pandemi, ditunjukkan dengan rata-rata kemampuan belajar anak sekolah menurun cukup tajam,”ungkapnya.

Maka dari itu sambung Sigit mengutarakan memang ada baik pemerintah pusat maupun daerah dapat membangun kebijakan baru untuk metoda pembelajaran ke depan.

Pada pembelajaran daring itu sendiri, maka sejatinya guru mempunyai peran penting. Sehingga untuk melancarkan aktivitas belajar-mengajar daring, dibutuhkan variasi mengajar.

Variasi pada pembelajaran daring tersebut dapat dilakukan dengan cara virtual, berkelompok untuk berdiskusi, pemberian materi dalam bentuk video, rekaman, powerpoint, modul, lembar belajar, permainan dengan game quiz dan penilaian secara online.

“Apabila guru dapat mempergunakan beragam variasi dalam mengajar daring, maka peserta didik dapat senang, dan merasa tak jenuh serta dapat mengikuti pelajaran secara efektif.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!