Perluas Jangkauan Pasar, Srikandi NasDem Kalteng ini Ajak Pelaku UMKM Kuliner Manfaatkan Kemajuan Teknologi Informasi

 Perluas Jangkauan Pasar, Srikandi NasDem Kalteng ini Ajak Pelaku UMKM Kuliner Manfaatkan Kemajuan Teknologi Informasi

FOTO : Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Hj. Faridawaty Darland Atjeh.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kemajuan teknologi informasi, hendaknya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, terlebih lagi dari para pelaku usaha kuliner dalam memasarkan produk olahannya.

Hal tersebut diutarakan oleh Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Hj. Faridawaty Darland Atjeh, Jumat (04/02/2022).

“Saya mengimbau seraya mengajak para pelaku usaha di bidang kuliner agar dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk memperluas pemasaran produk kulinernya. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, maka kita dapat menjangkau target konsumen, tidak hanya lokal tapi juga nasional bahkan internasional,” ujarnya,

Lanjut Ketua DPW Partai NasDem Kalteng ini juga mengatakan bahwa produk olahan kuliner yang dipasarkan, juga harus memperhatikan mutu dan kemasan yang baik pula.

“Kuliner khas Kalteng, kini sudah memiliki pasarnya sendiri dan sangat diminati oleh konsumen. Pasalnya, dalam racikan bumbu masakannya memiliki cipta rasa tersendiri. Seperti kuliner jajanan berupa Keripik Kelakai, Kalumpe, Hintalu Karuang, Juhu Umbut Rotan, Juhu Kujang, Terong Bapapui bahkan Ikan Jelawat,” ungkapnya.

Lebih dalam, Hj. Faridawaty juga menambahkan bahwasanya kuliner khas Kalteng sudah banyak peminatnya dan untuk menikmatinya, konsumen khususnya dari luar Kalteng harus datang ke sini.

“Terkecuali, ada sebuah langkah konkrit dan berinovasi melakukan pengemasan yang baik agar kuliner dan jajanan ini bisa dikirim bagi konsumen diluar Kalteng. Hal ini juga dapat membantu untuk mengembangkan sektor industri dan pelaku UMKM di bidang kuliner, ” ungkapnya lagi.

Dirinya juga menghimbau kepada pemerintah, untuk menjalin kerjasama kemitraan serta melakukan kajian untuk mendukung agar hal tersebut dapat terealisasi.

Menurutnya, semenjak pandemi Covid-19 masuk dan menyebar di Kalteng sangat mempengaruhi perekonomian para pelaku UMKM yang ada, sehingga kini sektor UMKM memerlukan dukungan pemerintah untuk bisa bangkit kembali.

“Untuk memulihkan perekonomian sektor UMKM ini, tidak hanya bisa dilakukan para pelaku usaha itu sendiri, tapi juga harus didukung oleh pemerintah. Selain itu, perlu adanya inovasi, kerjasama yang baik dan menjalin kemitraan dalam mencari solusi. Intinya bagaimana agar ekonomi bisa kembali bangkit,” katanya.

Lanjutnya, dengan adanya hal itu, maka para pelaku UMKM akan semakin meningkat. Terutama, dalam menghasilkan produk yang baik dan sehat. Begitu pula dengan pelaku UMKM di bidang lainnya.

“Selain itu, pelaku UMKM pun harus bisa kreatif dan memanfaatkan kemajuan zaman agar tetap bisa bertahan. Dalam memasarkan produk juga bisa melalui online. Dengan begitu dari segi pemasaran akan luas. Namun itu juga perlu mendapat dukungan dari semua pihak.” tandasnya. (YS)

 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 
KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!