Jawab Kebutuhan Dunia Industri, Disarankan Disnakertrans Persiapkan Tenaga Kerja Terampil dan Siap Pakai

 Jawab Kebutuhan Dunia Industri, Disarankan Disnakertrans Persiapkan Tenaga Kerja Terampil dan Siap Pakai

FOTO : Ketua Komisi IV DPRD Kalteng yang membidangi Pembangunan Infrastruktur Jalan, Jembatan dan Ketenagakerjaan, Artaban.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyarankan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) di seluruh daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, selain melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dan rutinitas dalam ketenagakerjaan, diharapkan juga mampu mempersiapkan Tenaga Kerja yang terampil dan siap pakai.

Hal ini diutarakan oleh Ketua Komisi IV DPRD Kalteng yang membidangi Pembangunan Infrastruktur Jalan, Jembatan dan Ketenagakerjaan, Artaban kepada sejumlah awak media, belum lama ini.

“Disnakertrans juga selain berurusan dengan transmigrasi, khususnya pada poin ketenagakerjaan, harus mampu menyiapkan pekerja-pekerja yang terampil, memiliki skil sehingga menjawab kebutuhan dunia industri,” ucap Politisi dari Fraksi PDI-P DPRD Kalteng tersebut.

Lanjutnya menyarankan, dalam upaya mempersiapkan tenaga kerja yang terampil, ada baiknya Disnakertrans dapat melakukan jemput bola, artinya datang ke perusahaan dan tanya, kira-kira tenaga kerja apa yang paling diperlukan, misalnya bagian mekanik alat berat, berarti kita harus didik atau latih orang (calon tenaga kerja, red) dibidang mekanik.

“Solusi seperti ini, saya nilai cukup menjanjikan, pasalnya pada saat dilakukan pelatihan, tenaga yang disiapkan, sudah ada tempat untuk menyalurkan ilmu yang di dapat selama mengikuti pelatihan,”ujar Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng II, meliputi Kabupaten Kotim dan Seruyan ini.

Sehingga, dengan demikian sambung Artaban menuturkan bahwa upaya pelatihan kepada para tenaga kerja yang dilakukan oleh Disnakertrans tidak menjadi sia-sia. Sebab, arah tujuan dan out putnya sudah jelas, memang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

“Kita tidak sia-sia saat melakukan pelatihan. Karena, tenaga yang kita siapkan sesuai kebutuhan perusahaan,” ujarnya lagi.

Artaban berharap, Disnakertrans dapat melakukan komunikasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah setempat. “Bangunlah komunikasi yang baik dengan pihak perusahaan dan cetaklah tenaga-tenaga kerja yang berkualitas, sehingga kedepan banyak generasi muda yang memiliki masa depan yang lebih baik,”tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!