Implementasikan MBKM, Sebanyak 665 Mahasiswa UPR Bakal Ikuti KKN-T Mandiri Tahap I Tahun 2022

 Implementasikan MBKM, Sebanyak 665 Mahasiswa UPR Bakal Ikuti KKN-T Mandiri Tahap I Tahun 2022

FOTO : Ketua Unit KKN-T UPR Dr. Miar P. Bakar, SE, MSi.,

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) terhitung dari tanggal 1 Maret sampai 30 April 2022 mendatang, bakal menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Mandiri UPR Tahap I Tahun 2022 yang mengambil lokasi di 44 Desa, tersebar di 6 (enam) kabupaten, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan, Barito Selatan, Barito Timur, Gunung Mas dan Pulang Pisau.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Unit KKN-T UPR Dr. Miar P. Bakar, SE, MSi kepada redaksi Kaltengnews.co.id, Senin (21/02/2022) siang.

Lebih lanjut, Dr. Miar menyebutkan adapun tema yang diusung, pada kegiatan KKN-T UPR Mandiri Tahap I Tahun 2022 ini, yakni ‘Peran Perguruan Tinggi Dalam Pembangunan di Pedesaan.’ 

Jumlah peserta yang sudah mendaftar ada sebanyak 665 mahasiswa, dari berbagai program studi, jurusan dan fakultas di UPR.

Selanjutnya, dari 665 mahasiswa tersebut dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil, dimana masing-masing kelompok akan menempati 1 (satu) desa yang menjadi tempat lokasi pelaksanaan KKN-T Mandiri UPR Tahap I Tahun 2022.

“Sebagai informasi, KKN-T Mandiri UPR Tahap I Tahun 2022 ini tentunya juga mengacu kepada program Merdeka Belajar — Kampus Merdeka atau MBKM yang tertuang kedalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.”

“Selain itu, diharapkan melalui kegiatan KKN-T Mandiri UPR Tahap I Tahun 2022 ini, sebagai bentuk dukungan untuk  turut mensukseskan program Kementerian Desa, yakni mewujudkan Desa Mandiri dan Maju, serta pula sebagai implementasi program UPR Membangun Desa,” ucap Ketua Unit KKN-T UPR ini.

Tidak hanya itu, Dr. Miar juga mengungkapkan bahwa ada beberapa program pemberdayaan dan pendampingan masyarakat yang akan dilakukan selama pelaksanaan KKN-T Mandiri UPR Tahap I Tahun 2022, diantaranya pemberdayaan dalam bidang pendidikan, misalnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kemudian, pendampingan pencegahan dan penanggulangan stunting; pengembangan ketahanan pangan rumah tangga melalui pemanfaatan lahan pekarangan; pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla); pencegahan penyebaran Covid-19.

Lalu, pengembangan administrasi pemerintah desa; pengembangan usaha mikro dan kecil (UMK); pengembangan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes); Pembuatan/pengembangan database dan website desa berbasis elektronik.

Pengembangan produk unggulan daerah yang bernilai ekonomi tinggi; dan masih ada beberapa lagi hal yang lainnya, disesuaikan dengan kondisi permasalahan umum dan permasalahan khusus yang dihadapi masyarakat desa, dan/atau menyesuaikan dengan kegiatan pengembangan masyarakat yang diprogramkan pemerintah daerah bagi masyarakat di desa lokasi KKN-T Mandiri UPR Tahap I Tahun 2022.

“Intinya, tujuan dari KKN-T Mandiri UPR Tahap I Tahun 2022, yakni tidak lain untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, sekaligus pula implementasi program Merdeka Belajar — Kampus Merdeka.”

“Yang mana, harapannya juga sekaligus pula untuk mempersiapkan mahasiswa yang notabene merupakan generasi muda calon pemimpin masa depan, agar kelak bisa memberikan kontribusi dan manfaat positif bagi masyarakat, utamanya dalam rangka turut memajukan pembangunan di daerah.” imbuhnya.

Dr. Miar juga menambahkan bahwa dalam pelaksanaan KKN-T Mandiri UPR Tahap I Tahun 2022 ini, pihaknya juga telah menentukan 1 (satu) desa yang secara khusus diperuntukkan bagi mahasiswa yang berkebutuhan khusus atau sedang menyusui anaknya, yakni di Desa Tanjung Taruna Kabupaten Pulang Pisau.

“Tidak lupa, kami juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya, kepada para kepala desa beserta perangkatnya yang telah menyatakan  siap untuk memberikan dukungan/bantuan logistik bagi para mahasiswa selama kegiatan berlangsung. Khususnya, desa-desa yang ada di wilayah Kabupaten Seruyan, Kotawaringin Timur, Gunung Mas, Barito Selatan dan Barito Timur.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *