Dukung Pertumbuhan Ekonomi Desa, KKNT-Mandiri UPR Gandeng BPDAS Kahayan Salurkan Ribuan Bibit Tanaman Produktif

 Dukung Pertumbuhan Ekonomi Desa, KKNT-Mandiri UPR Gandeng BPDAS Kahayan Salurkan Ribuan Bibit Tanaman Produktif

FOTO IST.: Ketua Unit KKNT-Mandiri LPPM UPR, Dr. Miar P. Bakar, SE, MSi saat menyerahkan bantuan bibit tanaman produktif kepada perwakilan mahasiswa peserta program KKNT-Mandiri UPR Tahap I Tahun 2022 untuk selanjutnya didistribusikan ke masing-masing desa. Di mana, bibit tanaman produktif ini merupakan bantuan dari BPDAS Kahayan, Senin (28/02/2022).

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat desa, utamanya dalam sektor perkebunan dan kehutanan, khususnya di lokasi pelaksanaan KKNT-Mandiri UPR Tahap I Tahun 2022, maka pihak panitia (Unit KKNT-Mandiri LPPM UPR, red) bekerjasama dengan Balai Pembibitan DAS (BPDAS) Kahayan telah menyediakan ribuan bibit tanaman produktif (bibit buah-buahan, perkebunan dan penghijauan, red).

Hal ini sebagaimana disampaikan langsung oleh Ketua Unit KKNT-Mandiri LPPM UPR, Dr. Miar P. Bakar, SE, MSi kepada redaksi Kaltengnews.co.id, Senin (28/02/2022) siang.

“Bibit tanaman produktif tersebut merupakan sumbangan dari BPDAS Kahayan, dengan 6 (enam) jenis bibit buah-buahan dan perkebunan yang disediakan, diantaranya yakni Durian, Rambai, Jambu Kristal, Barania, serta bibit penghijauan berupa bibit Sengon dan Blangiran dengan jumlahnya ada sekitar 500 bibit.”

“Adapun jumlah keseluruhan bibit (buah-buahan, perkebunan dan penghijauan, red) ada sekitar 7.000 bibit. Dan, jika itu memang diperlukan, pihak BPDAS Kahayan juga telah mempersiapkan maksimal 9.000 bibit,” terang Ketua Unit KKNT-Mandiri LPPM UPR.

Dr. Miar juga mengatakan bahwa bibit tersebut, akan dibagi kepada masing-masing kelompok KKNT-Mandiri akan mendapat 150 bibit per kelompok per desa.

Selanjutnya, bibit tanaman produktif tersebut akan didistribusikan dan ditanam di 44 desa yang tersebar di 6 (enam) kabupaten, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan, Barito Selatan, Barito Timur, Gunung Mas dan Pulang Pisau.

Dirinya juga menerangkan bahwa program penyaluran bibit produktif ini, tidak lain bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat desa, utamanya dalam sektor perkebunan dan kehutanan, khususnya di desa-desa yang menjadi tempat lokasi pelaksanaan KKNT-Mandiri UPR Tahap I Tahun 2022 ini.

Sekedar untuk diketahui bahwa program serupa juga telah dilaksanakan pada KKNT-Mandiri UPR periode sebelumnya (periode November sampai Desember Tahun 2021 lalu, red) di beberapa kabupaten, diantaranya Kabupaten Katingan, Gunung Mas, Kapuas dan Barito Selatan.

“Sehingga, termasuk dengan periode KKNT-Mandiri UPR Tahap I Tahun 2022 ini, jumlah tanaman produktif yang telah ditanam lebih dari 14.000 bibit. Harapan kami, melalui bantuan bibit tanaman produktif ini, dapat menambah varian (jenis) dan jumlah tanaman produktif di desa,” terangnya lagi.

Kembali Dr. Miar juga menambahkan melalui program ini, sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, wujud program Merdeka Belajar — Kampus Merdeka (MBKM) dan program UPR Membangun Desa, sekaligus mendukung program dari Kementerian Desa yakni mewujudkan Desa Mandiri dan Maju.

“Kami juga berharap, setelah 5 tahun kedepan, maka bibit tanaman produktif yang telah disalurkan, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa setempat, utamanya untuk meningkatkan perekonomian keluarga dari sektor perkebunan dan penghijauan di wilayah pedesaan.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *