DPRD Kalteng Dorong Pemprov Buka Akses Jalan Darat Menuju IKN

 DPRD Kalteng Dorong Pemprov Buka Akses Jalan Darat Menuju IKN

FOTO : Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Wiyatno, SP.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara atau IKN kini telah memasuki tahap finalisasi. Seperangkat Rancangan Undang Undang IKN pun kini sedang dipersiapkan guna memastikan legalitas dan payung hukum bersama kalangan legislatif.

Menyikapi hal ini, kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah kini juga sedang berusaha mendiskusikan pembangunan infrastruktur jalan darat dari beberapa kabupaten di wilayah Kalimantan Tengah menuju ke lokasi IKN.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Wiyatno, SP menyampaikan bahwa pihaknya kini sedang mencoba untuk berdialog bersama kalangan eksekutif, yakni Pemerintah Provinsi dan Gubernur Kalteng untuk membangun akses jalur darat ke Ibu Kota Negara nantinya.

“Ada sejumlah alternatif jalur yang akan dibangun, diantaranya adalah dari Palangka Raya – Kapuas – Banjarmasin – Kalimantan Timur. Kemudian jalur Palangka Raya — Barito Timur dan Kalimantan Timur serta Palangka Raya — Puruk Cahu – Kalimantan Timur.”

“Selain itu, sebagai bentuk dukungan nyata lainnya yang kini sedang dikembangkan adalah program Food Estate yang menargetkan bahwa Kalimantan Tengah menjadi lumbung pangan nasional, dan juga penopang logistik Ibu Kota Negara baru. Oleh sebab itu, infrastruktur jalan darat memang dibutuhkan dari Kalimantan Tengah menuju lokasi Ibu Kota Negara baru,” ungkap Ketua DPRD Kalteng, Rabu (23/2/2022).

Lanjut Wiyatno, pihaknya juga meyakini bahwa selaku wakil rakyat Kalimantan Tengah juga akan memberikan dukungan sepenuhnya, atas pemindahan Ibu Kota Negara baru ini, dengan segala kelebihan dan kekurangannnya.

“Kami sangat mendukung upaya pemerintah tersebut, bahkan kami juga akan berkoordinasi ke pemerintah provinsi guna mendiskusikan pembangunan infrastruktur darat dari beberapa daerah di wilayah Kalimantan Tengah menuju Ibu Kota Negara baru,” ungkapnya.

Lebih dalam, ia juga menambahkan seraya menilai bahwa pembangunan infrastruktur jalan darat dari Kalimantan Tengah menuju Ibu Kota Negara baru memang sangat penting untuk segera dipersiapkan, dengan maksud dan harapan agar dapat memberikan berbagai kemudahan, terutama akses sekaligus pula mendorong percepatan pembangunan di wilayah Bumi Tambun Bungai. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *