Antisipasi Lonjakan Pasien, RSUD Pulang Pisau Siapkan Ruang Isolasi Covid-19

 Antisipasi Lonjakan Pasien, RSUD Pulang Pisau Siapkan Ruang Isolasi Covid-19

FOTO : Kabid Keperawatan RSUD Pulang Pisau, dr Andri Yogi Putra. Kamis, (10/2/2022).

Kaltengnews.co.id – PULANG PISAU – Dalam rangka mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19, maka RSUD Kabupaten Pulang Pisau telah mempersiapkan sejumlah ruangan untuk dijadikan ruang isolasi, khususnya bagi pasien yang terpapar dan terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Keperawatan RSUD Pulang Pisau, dr Andri Yogi Putra, saat di hubungi melalui WhatsApp pribadinya, Kamis (10/2/2022).

“Saat ini, RSUD Kabupaten Pulang Pisau tengah melakukan berbagai langkah antisipasi lonjakan pasien Covid-19, yakni salah satunya dengan cara menyediakan sejumlah ruangan khusus bagi pasien yang terpapar dan terkonfirmasi positif virus tersebut.”

“Selain menyediakan ruangan khusus, kami (RSUD Pulang Pisau, red) juga sudah menyiapkan puluhan tenaga medis untuk merawat para pasien nantinya,” timpal dr. Andri.

Lanjutnya menjelaskan untuk sementara kapasitas tempat tidur masih cukup dan belum membuka ruang isolasi baru, tapi bila memang itu nanti diperlukan, maka kami pun sudah mempersiapkan sejumlah langkah antisipasi, termasuk pula dengan menyiapkan ruangan khusus dan tenaga medis khusus bagi warga yang terpapar dan terkonfirmasi positif Covid-19 nantinya. Hal itu juga sembari melihat perkembangan kasusnya.

Terlebih, dengan merebaknya informasi jenis varian baru Covid-19, yakni varian Omicron yang gejalanya hanya mengalami flu dan batuk saja, maka pihaknya pun semakin waspada untuk mengantisipasi lonjakan pasien.

Tidak lupa Dirinya juga berpesan kepada seluruh tenaga medis di RSUD Kabupaten Pulang Pisau, agar tetap bisa melindungi diri, dengan selalu menerapkan SOP dan standar perawatan pasien Covid-19.

“Persiapan ini dilakukan, ketika nanti kasus Covid-19 di daerah ini meningkat. Tapi, mudah-mudahan jangan sampai bertambah, dan sebesar nya semisal terpapar varian baru tadi tingkat dampaknya ringan,” imbuhnya.

dr Yogi juga menuturkan apabila memang ada keluhan-keluhan yang memang harus dirawat di rumah sakit, maka sesegeralah memeriksakan diri. Sebab, ruangan beserta tenaga medis khusus untuk penanganan Covid-19 sudah disiapkan.

“Sebenarnya kalau terpapar varian baru tadi, isolasi mandiri pun tidak papa. Hanya saja harus menjaga jarak dari orang rumah, dan tetap menerapkan prokes.Tetapi apabila ada keluhan kita sarankan untuk segera memeriksakan diri ke RSUD setempat,” imbuhnya.

Dirinya juga menambahkan seraya mengimbau kepada seluruh masyarakat Pulang Pisau, dengan adanya informasi varian Omicron tersebut, maka diharapkan masyarakat jangan resah secara berlebihan. Namun, terlebih pentingnya adalah masyarakat selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. (fjr)

 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 
KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!