Sektor UMKM jadi Indikator Pertumbuhan Ekonomi Kalteng

 Sektor UMKM jadi Indikator Pertumbuhan Ekonomi Kalteng

FOTO : Wakit Ketua Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi SDA dan Perekonomian, Hendri M Yoseph.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Keberadaan Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu indikator pertumbuhan ekonomi di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sehingga tak heran, jika sejumlah kalangan DPRD Provinsi Kalteng mendorong adanya upaya promosi terhadap hasil produk UMKM hingga ke tingkat internasional.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Wakit Ketua Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi SDA dan Perekonomian, Hendri M Yoseph mengatakan bahwa produk UMKM lokal perlu mendapat dukungan dari pemerintah untuk membuat terobosan inovatif dalam mendukung upaya promosi prodak UMKM di Kalteng, terlebih ditengah kemajuan teknologi saat ini.

“Permasalahan yang ditemui oleh perajin tangan lokal kebanyakannya dari segi pemasaran. Sebab, masih sulit untuk menembus pasar internasional. Kalau untuk pasar nasional masih bisa tembus. Ini yang harusnya dapat dipikirkan pemerintah supaya bisa dicarikan solusi untuk membantu masyarakat,” kata Hendri, Sabtu (15/01/2022).

Saat ini ujarnya menambahkan, ekspor terbesar khususnya Kalteng masih didominasi dari hasil perkebunan ataupun pertambangan. Oleh karena itu, ia berharap pemerintah provinsi, kabupaten dan kota dapat mendorong peningkatan ekspor dari berbagai ini, salah satunya kerajinan tangan berkulitas yang diproduksi masyarakat lokal.

“Karena kerajinan tangan berkualitas yang diproduksi masyarakat sangat menjanjikan. Jika potensi ini bisa dimaksimalkan hingga diekspor ke luar negeri, maka akan berpotensi pada peningkatan perekonomian masyarakat dan PAD.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!