Program Kesehatan dan Pendidikan Jadi Fokus Pemkot Palangka Raya

 Program Kesehatan dan Pendidikan Jadi Fokus Pemkot Palangka Raya

FOTO : Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin saat menerima DIPA dan DPA di Petang Karuhei Kantor Walikota, Jumat (14/1/2022).

 

KALTENGNEWS.co.id – PALANGKA RAYA – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin melaksanakan serah terima Pengisian Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) di Petang Karuhei II, kantor Walikota setempat, Jumat (14/1/2022)

Pelaksanaan program pembangunan di Kota Palangka Raya di tahun 2022 ini, tidak lepas dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Baik berfokus pada sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, pelayanan publik dan infrastruktur.

Lebih jauh Fairid menyampaikan, pada tahun 2022 ini, maka fokus program pembangunan Pemko Palangka Raya adalah di sektor pendidikan dan kesehatan. Namun demikian program yang tertinggal di tahun sebelumnya, yaitu sektor infrastruktur masih tetap menjadi prioritas untuk diselesaikan.

Karenanya kata dia, dengan sudah diserahkannya DIPA tersebut, diharapkan semuanya dapat berjalan sesuai prosedur dan mekanisme serta sampai akhirnya perangkat daerah selaku pengguna anggaran, harus mampu memberikan laporan tepat waktu.

“Seperti instruksi pemerintah pusat, bahwa kali ini anggaran di khususnya untuk peningkatan ekonomi masyarakat, dimana sebelumnya turun akibat pandemi Covid-19 yang cukup lama melanda,” ucap Fairid.

Dalam kesempatan itu Fairid menyampaikan, realisasi anggaran keuangan di tahun 2021 lalu sudah mencapai 90 persen. Sementara untuk realisasi fisik mencapai 95 persen.

“Cukup wajar dengan kegiatan fisik yang cukup tinggi namun realisasi keuangan tidak terlalu besar. Sementara untuk Indikator Kinerja Utama (IKU) Perangkat daerah rata rata-rata cukup bagus karena melampaui target IKU masing-masing,” bebernya.

Diketahui, untuk alokasi dana APBN yang dikelola melalui DIPA satuan/perangkat kerja instansi vertikal lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya di tahun 2022 ini adalah sebesar, Rp. 129,388 Milyar lebih. (D/aga)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!