Manfaatkan Teknologi Informasi, Pelaku Usaha dan UMKM Diharap Mampu Bertranformasi Digital

 Manfaatkan Teknologi Informasi, Pelaku Usaha dan UMKM Diharap Mampu Bertranformasi Digital

FOTO : Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – DI era revolusi industri 4.0 ini, diminta para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Cantik ini, untuk bisa bertranformasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi yang ada.

Salah satunya, yakni dalam hal penjualan produk, tidak hanya mengandalkan cara offline, melainkan juga harus menggunakan cara online. Hal ini seperti diutarakan oleh Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto (SKY).

“Pentingnya memanfaatkan teknologi informasi dalam hal penjualan produk, yakni untuk memperluas jangkauan pasar. Karena, melalui online para pelaku usaha dan UMKM bisa memasarkan produk tidak hanya kepada konsumen lokal, tapi juga kepada konsumen nasional bahkan mancanegara,” ucapnya, Selasa (25/01/2022).

Lanjut Sekretaris DPD PDI-P Kalteng ini juga mengatakan bahwa produk yang dijual melalui online, memang ada baiknya diolah secara maksimal dan memiliki mutu yang baik, kapan perlu produk tersebut dikemas secara menarik, sehingga dapat menarik minat dari konsumen.

“Upaya tersebut, tentunya perlu dukungan dari pemerintah setempat, melalui instansi dinas terkait agar dapat memberikan suatu pendampingan, pelatihan sampai pada pemasaran produk yang dihasilkan. Dengan harapan, pelaku usaha dan UMKM bisa terus berkembang, terlebih di tengah Pandemi Covid-19 yang masih mewabah sampai sekarang ini,” ungkapnya.

Lebih dalam, dirinya juga menuturkan bahwa berjualan dengan dua metode offline dan online harus bisa dijalankan para pelaku usaha saat ini.

Karena, dengan menjalankan dua metode pemasaran dan penjualan, jangkauan produk kepada konsumen pun akan semakin lebih luas.

“Menurut saya agar para pelaku usaha bisa bertransformasi digital, perlu adanya pelatihan atau pemberian ilmu pengetahuan yang di adakan oleh pemerintah kepada para pelaku usaha.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *