Kolaborasi MBKM dan Tri Darma Perguruan Tinggi, UPR bersama UNMER Lakukan MoU

 Kolaborasi MBKM dan Tri Darma Perguruan Tinggi, UPR bersama UNMER Lakukan MoU

FOTO : Penandatanganan MoU antar Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE, MSi bersama Rektor UNMER Prof. Dr. Anwar Sanusi, S.E., M.Si. Kegiatan berlangsung di Aula Rahan, lantai II gedung rektorat UPR, Jalan Hendrik Timang Kota Palangka Raya, Jumat (28/1/2022).

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) bersama Universitas Merdeka (UNMER) Malang melakukan penandatanganan MoU terkait perluasan pelaksanaan Merdeka Belajar — Kampus Merdeka (MBKM) dan kolaborasi Tri Darma Perguruan Tinggi pada kedua perguruan tinggi tersebut.

Dimana, penandatanganan dilakukan langsung oleh Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE, MSi bersama Rektor UNMER Prof. Dr. Anwar Sanusi, S.E., M.Si. yang disaksikan unsur pejabat utama dari kedua perguruan tinggi tersebut. Kegiatan dilaksanakan di Aula Rahan, lantai II gedung rektorat UPR, Jalan Hendrik Timang Kota Palangka Raya, Jumat (28/1/2022).

Usai kegiatan tersebut, saat dibincangi Kaltengnews.co.id, Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE, MSi menyampaikan bahwa kegiatan penandatanganan MoU antar 2 perguruan tinggi ini, sebagai bentuk tindak lanjut dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) tentang Merdeka Belajar — Kampus Merdeka (MBKM).

“Maka dari itu, kerjasama antar perguruan tinggi merupakan hal yang perlu dilakukan. Kerjasama dengan UNMER menjadi hal yang baik dan perlu didukung oleh seluruh civitas akademika UPR, terlebih mengingat saat ini UNMER telah memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya yakni memiliki kelas internasional,” ucap Rektor UPR.

Dr. Andrie Elia juga menyebutkan bahwa UNMER juga telah memiliki lembaga sertifikasi profesi, maka dari itu kita juga perlu belajar dengan mereka, begitupula sebaliknya kita juga telah memiliki sejumlah keunggulan, sehingga kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan MoU hari ini, diharapkan dapat saling menguntungkan dan memberikan kontribusi positif, utamanya dalam mewujudkan MBKM di kedua perguruan tinggi ini.

“Komitmen kami untuk mewujudkan UPR Jaya Raya, memang perlu didukung oleh seluruh komponen yang ada. Selain itu, kami juga terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif membangun negeri, melalui karya inovasi dan teknologi hasil dari civitas akademika UPR,” kata Dr. Andrie Elia.

Sementara di sisi lain, Rektor UNMER Malang Prof. Dr. Anwar Sanusi, S.E., M.Si menyampaikan bahwa penandatanganan MoU hari ini memang patut diapresiasi.

Pasalnya, maksud dan tujuannya sangat baik, selain mewujudkan MBKM juga sebagai bentuk kolaborasi antar perguruan tinggi, dalam mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

“Saat ini, kami menilai bahwa UPR telah berkembang cukup pesat, banyak kemajuan-kemajuan yang terlihat, baik dari sisi infrastruktur maupun akademiknya. Ya, kita berharap kerjasama yang telah terjalin ini, dapat terus ditingkatkan, baik itu dari penelitian dan kegiatan akademiknya,” ujar Rektor UNMER.

Prof. Dr. Anwar Sanusi juga menuturkan bahwasanya hubungan antar UNMER dan UPR, sebenarnya sudah terjalin dengan baik dari sejak dulu. Dan, melalui penandatanganan MoU hari ini, maka harapannya program-program MBKM dapat dikerjasamakan dengan lebih baik lagi.

Yang mana, UNMER Malang mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di UPR Palangka Raya, begitupula sebaliknya UPR. Selain itu, dalam hal penelitian yang dilakukan oleh dosen dan peneliti juga menjadi hal penting untuk dikerjasamakan antar 2 perguruan tinggi ini, termasuk pula seminar internasional yang juga bisa dikolaborasikan antara 2 perguruan tinggi tersebut.

Sebagai informasi, pada kegiatan penandatanganan MoU antar UPR dan UNMER hari ini, turut dihadiri oleh sejumlah dekan dan kepala biro di lingkup UPR. (YS)

 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 
KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!