Hadiri Langsung Teken Kontrak Barang dan Jasa

 Hadiri Langsung Teken Kontrak Barang dan Jasa

FOTO : Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo saat menghadiri Kick off Penandatanganan Kontrak Barang dan Jasa di aula Jayang Tingang, Senin (17/1/2022).

 

KALTENGNEWS.co.id – PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menghadiri Kick off Penandatanganan Kontrak Barang dan Jasa yang digelar secara serentak di Kabupaten/Kota se Kalteng yang bertempat di aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (17/1/2022).

Edy Pratowo dalam sambutannya menyampaikan ada tiga aspek penting yang menjadi sasaran dalam acara Kick off penandatanganan kontrak secara kolektif pada hari ini.

Edy juga mengatakan, percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa Pemerintah dimaksudkan untuk mempercepat pelaksanaan program pembangunan Pemerintah, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah serta sebagai penggerak utama bagi pembangunan sektor lainnya sehingga memunculkan pergerakan positif bagi setiap sektor pembangunan.

Edy mengingatkan kepada para Kepala Daerah dalam hal ini Bupati/Walikota dan para pemangku kepentingan lainnya, dalam rangka percepatan pembangunan daerah terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang dilalui hingga saat ini, untuk lebih fokus dan memberikan perhatian khusus terhadap sektor kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Pendekatan utama yang dilakukan secara simultan dan didukung dengan komitmen pembiayaan serta konsistensi antara perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan tentu akan mewujudkan pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Prov. Kalteng.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Leonard S. Ampung saat membacakan laporan tertulis Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin menyampaikan data Kick Off Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten dan Kota se-Kalteng Tahun Anggaran 2022, jumlah Paket sebanyak 151, Pagu senilai Rp 99 Milyar dengan total nilai Kontrak sebesar Rp. 76 Milar lebih.

Untuk Perangkat Daerah Lingkup Pemprov. Kalteng secara keseluruhan terdapat 17 Perangkat Daerah baik Dinas, Badan dan Biro dengan total sebanyak 299 paket dan nilai Kontrak Rp. 110 Milyar lebih.
Leonard S. Ampung menyampaikan, pada kesempatan ini, terdapat 6 Perangkat Daerah simbolis Peserta Kick Off Penandatanganan Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2022, yang bersumber dari PAD, APBD, dan DAK Non Fisik, dengan total nilai Kontrak sebesar Rp. 5,4 Milyar lebih diantaranya Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Prov. Kalteng, Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Prov. Kalteng, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Prov. Kalteng, Dinas Sosial Prov. Kalteng, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Prov. Kalteng dan Dinas Kesehatan Prov. Kalteng.

Leo berharap Pemerintah Daerah bersama Forkopimda tiap daerah dapat bersinergi meningkatkan kinerja untuk pembangunan daerah, dengan alokasi dana yang sudah ada dapat efektif direalisasikan untuk menggerakkan roda perekonomian daerah masing-masing.

“Perangkat Daerah baik tingkat Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/ Kota, diharapkan sedapat mungkin menghindari permasalahan lelang yang gagal atau batal, di samping Pengadaan Barang dan Jasa harus dilakukan tepat waktu, karena keterlambatan dapat berpengaruh pada dinamika perekonomian di daerah. Maka dari itu, dengan dimulainya pengadaan barang dan jasa di awal tahun seperti saat ini, akan berdampak positif pada meningkatnya perekonomian masyarakat,” pungkas Leo. (don/hms)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!