Sakariyas Lantik 8 Kades Sekaligus

 Sakariyas Lantik 8 Kades Sekaligus

FOTO KALTENGNEWS – Bupati Katingan, Sakariyas saat melantik sekaligus delapan Kades terpilih di aula kantor Camat Katingan Hilir, Selasa 14 Desember 2021.

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Bupati Katingan sakariyas, melantik 8 orang Kepala Desa (Kades) terpilih dari wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Kecamatan Tewang Sangalang Garing dan Kecamatan Pulau Malan, di aula kantor Camat Katingan Hilir, Selasa 14 Desember 2021.

Turut hadir mendampingi Bupati Katingan yakni Sekretaris Daerah Katingan Pransang, Plt Kepala DPMD Katingan Alpianor, Camat Katingan Hilir Dony Merianto, Kapolsek Katingan Hilir Iptu Eko Priyono, serta tamu undangan yang hadir.

Adapun 8 orang Kades Terpilih di 3 Kecamatan yakni (Kaliwus Asi) sebagai Kades Talian Kereng, (Sabtomarjono) sebagai Kades Tewang Kadamba dan (Muhammad Samsul Arifin) sebagai Kades Tumbang Liting.

Kemudian, (Subandi) sebagai Kades Tewang Rangkang, (Hertodie) sebagau Kades Tewang Manyangen dan (Sardi) sebagai Kades Tumbang Tarusan, (Novelinaike) sebagai Kades manduing Lama dan (Karyanto Yurna) sebagai Kades Manduing Taheta.

Bupati Katingan Sakariyas, mengatakan bagi Kades terpilih yang baru saja dilantik agar selalu bekerja dan melaksanakan tugas dengan sunguh-sungguh dan penuh tanggungjawab sesuai tugas dan fungsinya. Mengingat tuntutan dan harapan masyarakat desa untuk peningkatan pelayanan serta kesejahteraan diamanatkan pada kinerja.

“Sebagai unsur pemerintah desa, pejabat kepala desa harus dapat membangun kerjasama dan sinergi dengan BPD yang merupakan mitra dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta kemasyarakatan di desa,” jelas Sakariyas.

Dia menegaskan agar Kades terpilih untuk menggalakkab upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa baik kelembagaan kemasyarakatan maupun masyarakat desa secara keseluruhan. Sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosiak maupun aspek ekonomi dalam kerangka grand strategi pembangunan daerah Kabupaten Katingan.

“Selain itu, dalam hal pengelolaan keuangan desa ciptakan iklim yang transparan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Diharapkan juga agar hati-hatilah dalam mengelola keuangan yang lumayan besar, dan selalu komunikasi dengan pihak terkait demi keamanan sebagai pejabat kepala desa. Karena sudah ada beberapa pejabat kepala desa yang tersangkut masalah hukum terkait pertanggungjawaban keuangan desa,” ungkapnya.

Lanjutnya, kepada Kades agar jangan segan bertanya jika memang ada hal-hal yang tidak dipahami, dan kepada camat untuk senantiasa melakukan monitoring, pendamping dan pengawasan sesuai dengan tugas pokok camat. (Rul/aga)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!