Nurhidayah Pantau Langsung Kawasan Terdampak Banjir Rob di Kumai

 Nurhidayah Pantau Langsung Kawasan Terdampak Banjir Rob di Kumai

FOTO : Bupati Kobar, Hj Nurhidayah beserta jajaran ketika meninjau wilayah di Kecamatan Kumai yang terdampak musibah banjir rob, Rabu (8/12/2021).

 

KALTENGNEWS.co.id – Pangkalan Bun –Bupati Kotawaringin Barat, Hj. Nurhidayah tinjau langsung kondisi terkini sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Kumai yang terdampak musibah banjir rob, Rabu (8/12/2021).

Nurhidayah menuturkan bahwa kedatangannya itu untuk mengetahui langsung kondisi yang terjadi di lapangan serta mendengar laporan pemerintah desa hingga informasi masyarakat tentang peristiwa banjir dari laut tersebut. Hasilnya bakal menjadi acuan pemerintah ke depan dalam merencanakan program pembangunan jangka pendek.

“Hari ini saya dengan tim sedang melakukan pemantauan dan peninjauan dampak musibah banjir rob pukul 20.00 WIB kemarin. Daerah yang terdampak banjir rob ini khususnya di daerah pesisir pantai dari Kota Kumai sampai ke Sungai Cabang dan Sebuai Barat. Dari keterangan kades dan orang tua di sini dalam waktu 70 tahun terakhir belum pernah mengalami banjir rob separah ini,” ujarnya.

Adapun langkah-langkah antisipasi dari pemerintah dalam jangka pendek, yaitu sudah memetakan tempat relokasi pemukiman masyarakat terutama daerah-daerah yang aman. Hal ini apabila terjadi kondisi kedaruratan bencana banjir rob atau pun abrasi pantai.

“Di Desa Keraya dari tahun lalu, kita sudah antisipasi, relokasi masyarakat yang memang itu sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Pada saat ini mereka sudah kita relokasi ke tempat yang lebih aman,” pungkas Nurhidayah. (rd1/aga)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!