Laksanakan Operasi Lilin 2021  Secara Optimal

 Laksanakan Operasi Lilin 2021  Secara Optimal

FOTO : Dokumen Polres Katingan/KALTENGNEWS – Wakil Bupati Katingan saat pimpin apel gelar pasukan operasi lilin tahun 2021, di halaman Kantor Bupati Katingan.

KALTENGNES.co.id – KASONGAN – Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal dan tahun baru, Pemerintah Kabupaten Katingan bersama Polres Katingan melaksanakan apel gelar pasukan operasi lilin tahun 2021, di halaman Kantor Bupati Katingan, pada Kamis 23 Desember 2021.

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan selama 10 hari mulai 23 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022 tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, dan juga turut hadir Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo beserta jajarannya, Pabung 1015 Kasongan/Sampit, Ketua DPRD Katingan, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, dan peserta dari tim gabungan operasi khususnya di Kabupaten Katingan.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, membacakan sambutan tertulis Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo.

Dijelaskan, berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan saat perayaan Natal dan Tahun Baru ada terdapat beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus di antisipasi yakni ancaman kelompok intoleran, radikalisme, dan terorisme, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, balap liar, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, serta kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

“Oleh karena itu, operasi lilin tahun 2021 ini harus dilaksanakan secara optimal. Kejahatan dan gangguan Kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman, baik dari gangguan Kamtibmas maupun dari bahaya covid-19,” jelas Sunardi saat menyampaikan sambutan tertulis Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo.

Kemudian, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan operasi lilin tahun 2021 ini ada beberapa penekanan yang harus dilakukan semua satuan tugas yakni agar menjaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan operasi, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dan juga melakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.

“Tidak lupa juga harus melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. Rekan-rekan adalah wujud representasi negara di tengah-tengah masyarakat. Lengkapi sarana dan prasarana di Pospam dan Posyan, mulai dari tempat isolasi sementara, aplikasi peduli lindungi, gerai vaksinasi, pos pelayanan kesehatan, pengecekan swab antigen, panel data informasi, dan inovasi pelayanan lainnya,” ungkap Sunardi.

Selain itu, mendorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi. Dan kawal dan awasi betul aktivitas masyarakat di titik-titik obyek vital dengan mengedepankan 3M memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan (3M), serta mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

“Oleh sebab itu, melalui apel gelar pasukan operasi lilin 2021ini, kita dapat tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19,” pungkas Sunardi. (Rul/aga)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!