Tamarzam : Gunakan Anggaran Sesuai Program

 Tamarzam : Gunakan Anggaran Sesuai Program

FOTO : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan, Tamarzam.

KALTENGNEWS.co.id – BUNTOK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan, Tamarzam meminta agar semua perangkat daerah (PD) lingkup pemerintah daerah (pemda) setempat bisa menggunakan anggaran sesuai program prioritas.

Menurutnya, bahwa terkadang penggunaan anggaran cenderung tidak sesuai prioritas seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu disebabkan, selain lemahnya sumber daya manusia (SDM) pengguna anggaran, juga termasuk kelemahan pada sistem perencanaan kegiatan, termasuk dalam pelaksanaan kegiatan serta bidang pengadaan unit pelayanan/ pelelangan.

“Makanya di tahun anggaran sebelumnya, penyerapan anggaran tidak berjalan dengan optimal sehingga ada hambatan yang bersifat struktural dan institusional,” terangnya, Rabu (24/11/2021).

Dalam proses penerbitan Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA), kata wakil rakyat dapil I Barsel itu, merupakan tahap akhir dari seluruh proses penyusunan anggaran pendapatan dan belanja negara, sehingga hal itu pun sebagai tahap awal dalam pelaksanaan anggaran.

Selain dasar dari DPA, kata pria yang akrab disapa Ake itu, DPA juga berfungsi sebagai alat pengendalian, pelaksanaan, pelaporan, pengawasan serta sebagai perangkat akuntansi pemerintah.

“Dan untuk pagu dalam DPA merupakan batas pengeluaran tertinggi yang tidak boleh dilampaui dan pelaksanaannya pun harus dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Dalam penyerahan DPA, tambah legislator itu, harus dilakukan sebelum awal tahun anggaran, sehingga dalam penyerahannya itu boleh dibilang suatu tradisi tahunan.

“Dalam penyerahan DPA itu juga sebagai komitmen dari aparatur pemerintah untuk tepat pada waktunya,” tegasnya. (TU/AGA)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!