Persiapkan Mahasiswa jadi Presenter di Forum Ilmiah, Program Pascasarjana UPR Gelar SemNas Parallel Session

 Persiapkan Mahasiswa jadi Presenter di Forum Ilmiah, Program Pascasarjana UPR Gelar SemNas Parallel Session

FOTO : Seminar Nasional parallel session Program Pascasarjana UPR, memiliki tujuan yakni meningkatkan kemampuan mahasiswa dan peserta untuk menjadi seorang Presenter atau Penyaji pada Seminar atau Forum Ilmiah yang profesional.

 

Sementara itu, masih di hari dan kegiatan yang sama, menurut salah satu panitia kegiatan Agung Wibowo, PhD menyampaikan bahwa kegiatan SemNas parallel session ini memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa di Program Pascasarjana UPR, utamanya bagi mereka yang belum pernah menjadi presenter pada Seminar Ilmiah.

FOTO : Agung Wibowo, PhD selaku Panitia SemNas Program Pascasarjana UPR.

“Untuk itu, Program Pascasarjana UPR memfasilitasi kebutuhan tersebut. Seminar ilmiah berbeda dengan seminar lainnya karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya waktu yang terbatas untuk presentasi, biasanya estimasi waktu yang diberikan antara 5-10 menit.”

“Sehingga, materi harus dipersiapkan dengan sangat cermat dan fokus. Jika time management presenter tidak baik, maka dia akan dihentikan oleh moderator baik presentasinya sudah tuntas ataupun belum,” terangnya.

Agung juga mengatakan pengetahuan ini diharapkan bisa menjadi bekal yang baik, terlebih ketika nanti mahasiswa atau alumni dari Program Pascasarjana akan tampil pada forum ilmiah lainnya.

Atas penyelenggaraan kegiatan SemNas parallel session ini, banyak peserta yang menyambut baik, mereka memiliki animo tinggi untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, serta memberikan apresiasi positif kepada Direktur Program Pascasarjana UPR ibu Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP yang telah memprakarsai kegiatan ini.

 

Disisi lain, menurut salah satu peserta yang menjadi presenter (penyaji) pada SemNas parallel session, Wanda Marlin menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Program Pascasarjana UPR yang telah menyelenggarakan kegiatan SemNas parallel session ini.

FOTO : Peserta sekaligus pula presenter (penyaji) dalam SemNas parallel session Program Pascasarjana UPR yang juga merupakan mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Ekonomi PPs-UPR Winda Marlin.

“Banyak manfaat yang kami terima, terlebih tujuannya untuk membekali kami sebagai mahasiswa di Program Pascasarjana UPR agar semakin siap menjadi seorang presenter atau penyaji pada kegiatan Seminar Ilmiah atau Forum ilmiah lainnya,” ungkapnya.

Tidak lupa, Mahasiswa Program Studi Magister (S2) Ilmu Ekonomi ini juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Direktur Program Pascasarjana UPR ibu Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP yang telah menginisiasi kegiatan SemNas parallel session ini.

“Kegiatan ini sangat membantu untuk kami para mahasiswa yang membutuhkan sertifikat Seminar Nasional sebagai syarat pengajuan berkas Tesis, dan yang terpenting kegiatan ini membawa pengaruh yang positif untuk menambah wawasan kami untuk melakukan penelitian.” tandasnya.

Hal senada, Eprie mahasiswa Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (MPSAL) PPs-UPR juga menyampaikan melalui seminar ini, peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan hasil penelitian dan berbagi ilmu yang diperoleh, karena mengingat peserta yang mengikuti kegiatan Seminar Nasional parallel ini berasal dari Berbagai disiplin ilmu yang berbeda.

Perlu diketahui, kegiatan SemNas ini merupakan agenda tahunan dari Program Pascasarjana UPR. Dimana, tujuannya tidak lain untuk membekali dan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan yang memiliki kualitas unggul dan berdaya saing global.

Hal ini, tentunya sejalan dengan motto dari Program Pascasarjana UPR itu sendiri yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’menuju UPR Jaya Raya. (YS)

 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 
KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!