Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Kemampuan Mahasiswa, Inilah Langkah Strategis PPs-UPR Di Tengah Pandemi Covid-19

 Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Kemampuan Mahasiswa, Inilah Langkah Strategis PPs-UPR Di Tengah Pandemi Covid-19

FOTO: Direktur PPs-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., saat mengikuti kegiatan webinar.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Selama pandemi Covid-19 masih mewabah, menyebabkan seluruh kegiatan masyarakat diatur sedemikian rupa yang disesuaikan dengan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Demikian pula halnya, untuk kegiatan akademik di lingkungan Program Pascasarjana UPR juga mengikuti Prokes Covid-19, yakni dengan melaksanakan kegiatan akademik atau perkuliahan, sepenuhnya secara virtual atau dalam jaringan (daring) dengan bentuk kegiatan webinar. Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur PPs-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., saat dikonfirmasi Kaltengnews.co.id, Senin (13/9/2021).

Lanjut Srikandi UPR ini mengatakan bahwa kondisi pandemi Covid-19 yang sedang mewabah hingga saat ini, bukan menjadi suatu hambatan untuk mempersiapkan mahasiswa di Program Pascasarjana UPR, supaya menjadi lulusan atau Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berdaya saing tinggi.

“Justru, hal tersebut menuntut kami untuk menemukan dan menentukan sejumlah langkah strategis, dimana salah satunya adalah dengan memanfaatkan hasil pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, misalnya dengan menggunakan aplikasi zoom meeting, untuk menyelenggarakan kegiatan webinar dengan sejumlah topik bahasan yang cukup beragam, bermanfaat dan bernilai tinggi,” terang Direktur PPs-UPR.

Lebih dalam Guru Besar yang selalu memiliki terobosan ini menyebutkan cara luring (tatap muka, red) maupun daring sama baiknya. Khususnya, cara daring atau webinar, mahasiswa dapat mengikuti kegiatan akademik dari mana saja dan kapan saja, tanpa harus melakukan tatap muka secara langsung, sehingga sangat aman dan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Meski demikian, webinar yang diselenggarakan oleh PPs-UPR juga memiliki tujuan yang baik, utamanya dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa di Program Pascasarjana UPR.

Adapun webinar yang baru saja dilaksanakan pada pekan lalu, diantaranya webinar seri#2 terkait ‘Literature Review untuk menemukan State of The Art Penelitian,’ dengan menghadirkan narasumber bapak Dr. Darmawan Napitupulu, ST., M.Kom yang juga selaku reviewier Jurnal Internasional bereputasi Q1/Q2 H-index Scopus 13. pada hari Rabu 8 September 2021 kemaren.

Kemudian, webinar seri#3 visiting Profesor 2021, tentang Ekosistem Prasarana Lingkungan, dengan menghadirkan narasumber bapak Prof. Dr. Ir. Sarwoko Mangkoedihardjo, MScES yang berasal dari laboratorium Remediasi Lingkungan, Departemen Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, pada hari Kamis 9 September 2021 kemaren.

Dan, dilanjutkan dengan webinar seri#4 tentang Menemukan Gap (Novelty) Penelitian Dan Analisis Bibliometrik, dengan menghadirkan kembali narasumber Dr. Darmawan Napitupulu, ST., M.Kom, pada hari Sabtu 11 September 2021 kemaren.

Sambung Prof. Yetrie, MP mengungkapkan materi-materi yang sudah disampaikan oleh para narasumber, pada kegiatan webinar kemaren sangat baik dan penting untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa.

Dengan harapan, setelah mengikuti kegiatan webinar tersebut, para mahasiswa dapat memiliki soft skill atau kemampuannya meningkat, utamanya dalam hal penelitian dan penulisan artikel atau jurnal ilmiah bereputasi.

“Jadi, inilah langkah strategis yang dilakukan oleh PPs-UPR, selama pandemi Covid-19 masih mewabah, dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kompetensi mahasiswa di Program Pascasarjana UPR. Kedepan, rencananya kegiatan-kegiatan serupa akan dilanjutkan kembali, dengan sejumlah topik bahasan dan narasumber yang mungkin akan lebih beragam lagi.” tandasnya. (YS)

 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 
KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!