Terkait SDM Pelaku UMKM, Ini Pinta Wakil Rakyat Seruyan

 Terkait SDM Pelaku UMKM, Ini Pinta Wakil Rakyat Seruyan

FOTO : Wakil Ketua I DPRD Seruyan, H. Bambang Yantoko.

 

KALTENGNEWS.co.id – SERUYAN – Untuk terus meningkatnya mutu atau kualitas hasil produksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan mendorong pemerintah setempat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku UMKM.

Wakil Ketua I DPRD Seruyan, H. Bambang Yantoko mengatakan, di era modern seperti sekarang peningakatan kualiatas SDM pelaku UMKM di Bumi Gawi Hatantiring ini sangat perlu dilakukan, hal tersebut bertujuan agar hasil produksi yang dihasilkan memiliki kualitas dan berdaya saing tinggi sehingga minat permintaan barang pun akan meningkat.

“ Pemerintah harus senantiasa hadir di tengah-tengah pelaku UMKM sesuai tugas dan fungsinya, yang tak kalah penting menurutnya pemerintah harus memberikan pelatihan kewirausahaan sesuai dengan perkembangan zaman,” ucapnya.

Disampaikannya, bahwa pelaku UMKM masyarakat saat ini tengah mengalami kesulitan bahan baku, permodalan, dan penjualan, sehingga dengan adanya dukungan dari pemerintah diharapkan mampu membantu penggiat produksi rumahan tersebut agar tetap kuat, ditambah lagi dengan pandemi Covid-19 sebagian sektor usaha mereka terimbas.

Lanjut disampaikannya, dalam peningkatan kualitas SDM sangat ditekankannya agar terhubung dengan ekosistem digital. Sesuai dengan perkembangan zaman saat ini dimana manusia dituntut untuk bisa teknologi, sehingga kaitannya dengan sektor UMKM ialah untuk mempermudah baik dari akses pemasaran digital marketing maupun akses pembiayaan dan pencatatan laporan keuangan yang sudah berbasis aplikasi.

“Teknologi di zaman sekarang sudah sangat modern sehingga bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM ini, tinggal hanya mereka perlu keterampilan untuk menguasai itu, saya harap pemerintah ikut andil dalam hal ini, yang mana kaitannya sebagai upaya peningkatan SDM yang saya maksud,” tuturnya. (hn/aga)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *