Terkait Pengadaan Kendaraan Operasional Damang, Ini Respon Wakil Rakyat

 Terkait Pengadaan Kendaraan Operasional Damang, Ini Respon Wakil Rakyat

Foto : Anggota DPRD Barsel, Rahmanto Rahman mengapresiasi pengadaan kendaraan operasional bagi para Damang Adat se-Barsel.

KALTENGNEWS.co.id – BUNTOK – Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan, Rahmanto Rahman, mengapresiasi pemerintah daerah setempat yang telah mengadakan kendaraan operasional kepada para Damang Kepala Adat Se-Barsel guna menunjang pelayanan bagi masyarakat adat.

“Ini merupakan bukti Pemda kita peduli dengan Dewan Adat Dayak (DAD) kita dan peduli dengan hukum-hukum adat,” ucap Rahmanto saat diwawancarai awak media, Kamis (29/9/2021).

Ia mengatakan, keberadaan DAD dan Damang Kepala Adat serta Mantir Adat tentu sangat penting sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Terutama pelestarian dan apresiasi seni dan budaya daerah sebagai bagian integral budaya bangsa.

“Posisi Damang Kepala Adat sangat berperan dalam pelaksanaan hukum masyarakat adat. Tentu berwenang menegakkan hukum adat dayak dalam suatu wilayah adat,” terangnya.

Sehingga, lanjut dia, Damang sebagai ujung tombak pelaksanaan hukum masyarakat adat, maka sangat perlu diberi fasilitasi sarana dan prasarana berupa kendaraan dinas atau operasional bermotor roda dua untuk melayani masyarakat adat di wilayah kedamangan masing-masing.

“Semoga hal ini dapat dimanfaatkan dengan baik serta meningkatkan kualitas pelayanan hukum bagi masyarakat adat di wilayahnya masing-masing,” imbuhnya berharap. (tu/aga)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!