Masyarakat Seruyan Diminta Maksimal Manfaatkan SDA Melimpah

 Masyarakat Seruyan Diminta Maksimal Manfaatkan SDA Melimpah

FOTO : Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, Albidinnor.

 

KALTENGNEWS.co.id – SERUYAN – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, Albidinnor mengungkapkan saat ini pihaknya sedang dalam usaha memperbaiki dan mengedukasi masyarakat Seruyan untuk lebih menyadari Seruyan punya sumber daya alam (SDA) yang kaya.

“Kita mau melatih mental dan mengubah mindset masyarakat dari yang awalnya tidak mengenal usaha, SDA kita kan melimpah, lahan masih luas, contohnya saja bertani,” katanya di Kuala Pembuang, Selasa (28/9/2021).

Ia mengungkapkan, usaha tani sendiri merupakan jenis usaha yang juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti bibit, pengolahan lahan dan lain-lain yang notabenenya selama ini kerap kali dibantu.

Maka dari itu, mulai dari sekarang pihaknya secara perlahan mulai merubah hal tersebut sehingga para petani bisa lebih mandiri. Hal ini juga dipengaruhi oleh kemampuan keuangan pemerintah daerah yang terbatas.

Di samping itu, untuk bantuan seperti bibit saat ini sendiri masih ada beberapa program yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN). Akan tetapi sudah tidak secara penuh lagi.

“Ada sebagian, tapi hanya sebagian dan tidak semuanya lagi. Makanya dengan kondisi seperti ini kita ingin mengubah pemikiran masyarakat supaya bisa mandiri dan bagi mereka yang belum berminat untuk bertani supaya bisa terjun dalam sektor tersebut,” jelasnya. (hn/aga)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *