Antisipasi Banjir, Pemkab Katingan Usul Tiap Desa Bangun Rumah Panggung

 Antisipasi Banjir, Pemkab Katingan Usul Tiap Desa Bangun Rumah Panggung

FOTO : Bupati Katingan, Sakariyas.

 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Bupati Katingan, Sakariyas menyarankan setiap desa di wilayah hilir atau Selatan Kabupaten Katingan membangun rumah panggung atau aula. Bangunan tersebut ditujukan sebagai tempat pengungsian warga ketika banjir menerjang.

“Kalau bisa, kita imbau agar dari Dana Desa itu dianggarkan untuk pembangunannya. Tapi saya pikir memang agak berat juga, karena anggarannya antara Rp500 – 600 juta,” Jelas Bupati Katingan Sakariyas, belum lama ini.

Saran tersebut dilontarkan, mengingat nyaris setiap tahun wilayah Kabupaten Katingan kerap dilanda banjir. Dampak banjir yang cukup parah dialami warga di wilayah hilir. Pasalnya, daerah ini kurun banjir bisa terjadi cukup lama.

Sehingga jika terjadi datangnya banjir yang merendam kawasan perumahan warga, maka bisa mengungsi di rumah panggung dengan bangunan yang tinggi dan bebas dari banjir di bangun oleh pihak desa masing-masing nantinya.

Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini, menambahkan untuk sementara untuk wilayah utara kecamatan Kabupaten Katingan yang sebelumnya mengalami musibah banjir, untuk saat ini sudah tidak lagi atau surut.

“Namun yang sangat mengkhawatirkan adalah di wilayah hilir ini yakni Kecamatan Tasik Payawan dan Kamipang. Informasi yang diterima, salah satu desa di Kecamatan Kamipang yakni Asem Kumbang tenggelam akibat banjir. Saat ini yang menjadi perhatian kita adalah banjir di dua kecamatan itu,” ungkap Sakariyas.

Dirinya mengingatkan, agar bantuan-bantuan yang diberikan bagi warga terdampak banjir ini mesti tepat sasaran dan tidak ada yang melenceng.

“Kita juga selalu mengharapkan, adanya bantuan dari pihak ketiga. Sekecil apapun bantuan, sangat berarti bagi masyarakat kita,” pungkasnya. (rul/aga)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *