Farid Yusran : Banyak Peluang yang Bisa Dimanfaatkan Perusda

 Farid Yusran : Banyak Peluang yang Bisa Dimanfaatkan Perusda

FOTO : Ketua DPRD Barito Selatan, Ir HM Farid Yusran MM.

KALTENGNEWS.co.id – BUNTOK – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) melihat, masih banyak peluang yang bisa dimanfaatkan Perusahaan Daerah (Perusda) Danum Belum untuk bisa meningkatkan pendapatan daerah.

“Salah satu peluang tersebut diantaranya memanfaatkan jasa kapal pandu (assist) di Jembatan Kalahien,” kata Wakil Ketua II DPRD Barito Selatan, Hj. Enung Irawati kepada Wartawan, Senin (23/8/2021).

Menurut dia, berdasarkan undang – undang (UU) pelayaran, daerah yang rawan wajib assist dan perusda bisa berperan memanfaatkan peluang tersebut dengan menyediakan jasa assist. Sehingga kapal tongkang yang melintasi di bawah Jembatan Kalahien bisa dipandu dengan baik saat melewati jembatan itu. Selain itu, kata legislator PKB Barsel itu, Perusda Danum Belum juga bisa memanfaatkan galian C dengan cara membuat lokasi untuk menyediakan pasir sehingga perusda berfungsi membantu menambah pendapatan daerah.

Wakil rakyat dapil I Barsel itu berharap, agar salah satu tujuan dibentuknya Perusahaan Daerah Danum Belum itu bisa memberikan peningkatan ekonomi daerah termasuk pula pendapatan asli daerah (PAD) setiap tahunnya.

Menurut unsur pimpinan DPRD Barsel itu, bahwa tantangan Perusda Danum Belum sangat berat. Karena diketahui bahwa perusda dalam kondisi nol, malah menyimpan utang turunan yang harus dibayar.

“Maka dari itu diharapkan Perusda Danum Belum bisa bangkit dan memberikan input bagi daerah di tahun 2021,” harapnya.

Ia juga mengharapkan, agar pengurus Perusda Danum Belum yang telah terbentuk beberapa tahun lalu, bisa melakukan pembenahan sehingga perusda bisa sehat dan mampu membuka peluang usaha dan meningkatkan PAD Barsel.

“Pastinya Perusda Danum Belum memliki kreativitas dalam upayanya meningkatkan usahanya, agar bisa menjadi lebih maju dan sejahtera,” pintanya. (tu/aga)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!