Di Tahun 2021, Kalteng Tempati Pertumbuhan Jumlah Merchant QRIS Tertinggi Ke-2 Nasional

 Di Tahun 2021, Kalteng Tempati Pertumbuhan Jumlah Merchant QRIS Tertinggi Ke-2 Nasional

FOTO: Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah, Rihando.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Bank Indonesia (BI) meluncurkan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) serta uji coba Standar Nasional QR Code pembayaran Indonesia (QRIS) dengan Thailand (Thai QR Payment). Kegiatan peluncuran dilakukan secara virtual bertepatan dengan HUT BI ke 68 dan HUT RI ke 76.

SNAP merupakan standar nasional yang ditetapkan BI yang memfasilitasi interkoneksi antar aplikasi pembayaran secara terbuka dalam pemrosesan transaksi. Penetapan ini menciptakan industri sistem pembayaran yang sehat, kompetitif, dan inovatif sehingga dapat menyediakan layanan yang efisien, aman dan handal.

Penyusunan SNAP dilakukan oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Sementara itu, pengembangan QRIS Antarnegara dengan Thailand diharapkan dapat menjadi tonggak baru dalam memfasilitasi aktivitas masyarakat kedua negara, khususnya bagi wisatawan kedua negara.

Implementasi SNAP merupakan salah satu tahapan penting dalam rangka mendorong digitalisasi di area sistem pembayaran. Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari visi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 untuk terus mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan nasional.

Standardisasi Open API Pembayaran diharapkan akan menciptakan industri sistem pembayaran yang sehat dan kompetitif serta mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan di Indonesia. Terwujudnya interoperabilitas dan interkoneksi antara QRIS dengan Thailand (Thai QR Payment) merupakan kolaborasi dan sinergi antara BI, Bank of Thailand, ASPI, lembaga switching kedua negara, Bank Appointed Cross Currency Dealers (ACCD) dan Penyedia Jasa Pembayaran.

Interkoneksi dibangun antar lembaga switching kedua negara yaitu Rintis, Artajasa, Jalin dan Alto dari Indonesia dengan National ITMX (NITMX) dari Thailand. Adapun penyelesaian transaksi dilakukan dengan menggunakan mata uang lokal antar kedua negara (Local Currency Settlement/LCS) melalui Bank ACCD Indonesia yaitu BCA, BNI, BRI dan Bank ACCD Thailand yaitu Bangkok Bank (BBL), Bank of Ayudhya (Krungsri), CIMB Thai Bank (CIMBT). Fase komersial penuh QR Antarnegara dengan Thailand akan dilakukan pada kuartal pertama tahun 2022.

Berkenaan hal tersebut, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah, Rihando menyampaikan bahwa pihaknya senantiasa mendukung implementasi transaksi digital, antara lain dengan menggunakan kanal pembayaran QRIS.

“Di Kalimantan Tengah, jumlah merchant QRIS posisi pertengahan bulan Agustus 2021 adalah sebanyak 63.375 merchant dimana sepanjang 2021 Kalimantan Tengah menjadi daerah dengan pertumbuhan jumlah merchant tertinggi ke 2 se-Nasional (91%) bila dibandingkan dengan posisi jumlah merchant di akhir tahun 2020,” terang Kepala KPw-BI Kalteng, Jumat (27/8/2021).

Lanjut Rihando mengatakan sebagai bentuk upaya mendorong perluasan implementasi QRIS, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah telah menyelenggarakan berbagai kegiatan edukasi dan on boarding merchant QRIS di sektor strategis, seperti Sektor Pasar Tradisional (Pasar Kahayan dan Pasar Besar Palangka Raya) bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Kota Palangka Raya, Pengelola Pasar, dan PJSP (BPD Kalteng, BRI, dan Link Aja).

Selain sektor pasar tradisional, KPw-BI Provinsi Kalimantan Tengah juga telah menyelenggarakan kegiatan edukasi dan on boarding merchant di berbagai sektor lainnya sepanjang tahun 2021, yakni Sektor Pariwisata (Taman Nasional Tanjung Puting & Objek Wisata Kum Kum Palangka Raya).

“Kemudian, Sektor Korporasi Daerah (Akumandiri DPW Prov Kalteng & Kota Palangka Raya), Sektor UMKM (UMKM Mitra dan Binaan Bank Indonesia), Sektor Instansi Pemda (Musholla Baiturrahim Kantor Walikota Palangka Raya) berkolaborasi dengan instansi dan PJSP terkait.” tutupnya. (YS)

 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 
KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!