Srikandi Dewan Provinsi Dorong Peningkatan Sapras Perpustakaan Daerah

 Srikandi Dewan Provinsi Dorong Peningkatan Sapras Perpustakaan Daerah

FOTO: Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) meliputi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata, Dra. Hj. Siti Nafsiah, M.Si., (mengenakan hijab dan batik putih) bersama unsur pimpinan dan anggota Komisi III DPRD Kalteng, saat melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Daerah di Kabupaten Gunung Mas, belum lama ini.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – keberadaan perpustakaan di beberapa daerah, memang butuh perhatian peningkatan sarana-prasarana. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) meliputi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata Dra. Hj. Siti Nafsiah, M.Si.,

“Saat ini kami juga mendorong minat baca dari sejak anak usia dini dan SD. Untuk itu, perlu didukung dengan adanya peningkatan sarana dan prasarana perpustakaan daerah, utamanya yang berada di daerah kabupaten/kota se Kalimantan Tengah,” ucap Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng tersebut, Senin (12/7/2021).

Lebih lanjut, Srikandi Dewan dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) DPRD Kalteng ini juga mengatakan bahwa Komisi III DPRD Kalteng, pada pekan lalu melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah, dimana salah satu tempat yang dikunjungi adalah Perpustakaan Daerah yang ada di wilayah setempat.

Menurutnya, masih banyak sarana prasana yang perlu dilengkapi, mulai dari koleksi literasi perpustakaan, peralatan dan perlengkapan di ruang baca, gedung perpustakaan yang representatif, serta kebutuhan-kebutuhan lainnya yang dianggap perlu.

Selain itu, Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini juga menuturkan pentingnya menanamkan minat baca bagi anak dari usia dini.

“Pasalnya, dengan menanamkan minat baca usia dini, maka diharapkan seorang anak dapat mengetahui segala bentuk informasi edukatif yang mampu memberikan wawasan untuk mereka kedepannya, seperti mengetahui sejarah, perkembangan informasi teknologi, dan pengetahuan yang sesuai dengan usianya saat ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing mengungkapkan bahwa keberadaan perpustakaan memang tergerus dengan zaman. Oleh karenanya dia mendukung tentang konsep perpustakaan dan pengarsipan yang lebih modern serta berbasis digital.

“Selain itu sumber daya pendukung seperti listrik dan jaringan tentunya harus menjadi yang utama dalam rangka mendukung perpustakaan yang lebih modern,” ucapnya.

Ditambahkan Edwin Yustian, Kadis Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gumas, bahwa sejak Covid 19 melanda bahwa memang layanana perpustakaan juga terdampak, dan saat ini pihaknya tetap melakukab terobosan dalam pembinaan perpustakaan desa.

Diungkapkan selain membuka perpustakaan pengunjung yang terbatas, pihaknya juga melaksanakan perpustakaan keliling berkunjung ke sekolah-sekolah, pelatihan bahasa Inggris, membuka gerai baca di taman kota Kuala Kurun dan lainya dengan tetap melakukan prokes yang ketat.

Pihaknya saat ini ucap Edwin, sedang mengusulkan membangun gedung perpustakaan baru dan memohon dukungan dewan provinsi membantu melobby pusat dalam mewujutkan itu.

“Saat ini, kami sedang mengusulkan pembangunan gedung perpustakaan baru, seraya bermohon dukungan dari dewan provinsi untuk bisa membantu melobby pemerintah pusat agar dapat mewujudkannya.” tandasnya. (YS)

 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 
KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!