Genap Berusia 58 Tahun, Inilah Sosok Perempuan Tangguh Menahkodai PPS-UPR

 Genap Berusia 58 Tahun, Inilah Sosok Perempuan Tangguh Menahkodai PPS-UPR

FOTO : Direktur Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP.,

SOSOK INSPIRATIF – Bagi sebagian orang, mungkin masih banyak yang belum mengetahui siapa sebenarnya sosok perempuan tangguh yang menahkodai Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPS-UPR) hingga bisa maju berkembang pesat seperti sekarang ini.

Ditangan Perempuan asli Dayak Kalimantan Tengah asal kelahiran Kota Palangka Raya pada 17 Juni 1963 silam, PPS-UPR kini menjadi Program Pascasarjana terdepan di wilayah Kalimantan Tengah.

Hal tersebut, dibuktikan dengan banyaknya lulusan yang menyandang gelar Magister maupun Doktor berkualitas unggul dan berdaya saing global. Selain itu, adanya peningkatan akreditasi program studi juga merupakan salah satu bukti nyata pencapaian selama kepemimpinannya.

Dialah Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP, dimana pada hari Kamis 17 Juni 2021 ini, telah genap berusia 58 tahun.

Salah satu Srikandi terbaik UPR ini memiliki riwayat pendidikan, yakni Strata Satu (S-1) tahun 1981 hingga 1987, dibidang Teknologi Hasil Hutan dari Universitas Lambung Mangkurat.

Kemudian, Strata Dua (S-2) tahun 2002 hingga 2004, dibidang Teknologi Hasil Hutan dari Universitas Lambung Mangkurat, serta Strata Tiga (S-3) tahun 2009 hingga 2013, dibidang Teknik Lingkungan atau Fitoteknologi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Yang lebih membanggakannya lagi, ialah kala itu Yetrie Ludang terbilang masih muda, yakni di usianya ke 44 Tahun (tahun 2007) lalu, berhasil menyandang gelar Guru Besar atau Profesor dibidang Klimatologi Hutan dan Manajemen Industri, dengan judul publikasi Pengembangan Kehutanan Lingkungan atau Ecoforestry untuk pelambatan pemanasan global.

Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., juga memiliki sejumlah karya publikasi yang bereputasi baik itu nasional maupun internasional.

Mengawali karirnya di Universitas Palangka Raya sejak tahun 1988 hingga sekarang, Prof. Yetrie Ludang, MP., menjadi seorang dosen di Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian (Faperta) UPR.

Berjalannya waktu, berkat kegigihan dan dedikasi tinggi, serta sejumlah prestasi dan pencapaian yang telah berhasil diraihnya, sehingga tidaklah mengherankan sejumlah jabatan strategis pun pernah dijabat.

Bahkan, dipertengahan tahun 2018 lalu, Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang MP., pun dipercayakan untuk memimpin atau (Direktur, red) Program Pascasarjana UPR hingga sekarang.

Secara ekslusif, ketika dibincangi Kaltengnews.co.id, disela-sela acara peringatan hari ulang tahunnya ke 58 tahun, Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., menyampaikan bahwa dirinya sangat mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala hal yang telah didapat saat ini.

“Pada momen hari ulang tahun ke 58 tahun ini, saya jadikan sebagai sebuah motivasi agar bisa berbuat lebih lagi, terutama untuk memajukan Universitas Palangka Raya, khususnya melalui pengembangan institusi pendidikan tinggi di Program Pascasarjana UPR,” ujar Prof. Yetrie, MP., Kamis (17/6/2021).

Lanjut, Guru Besar yang kerap menjadi inspirator bagi kalangan internal PPS-UPR ini mengutarakan menjadi salah satu kunci keberhasilan, untuk pencapaian tujuan dari PPS-UPR yakni tidak lain harus dilandasi semangat kerjasama, semangat kekeluargaan dan saling membangun satu sama lainnya.

“Kunci keberhasilan untuk mencapai suatu tujuan bersama, adalah sinergitas dan kerjasama yang solid. Ketika suasana kekeluargaan tercipta, maka secara tidak langsung itu akan mempengaruhi dan memotivasi semangat dari masing-masing individu untuk bekerja secara optimal,” ungkapnya.

Guru Besar penuh terobosan ini juga mengatakan bahwa tujuan dari PPS-UPR, tidak akan dapat tercapai, apabila tidak dilandasi dengan semangat kebersamaan untuk saling membangun satu sama lainnya.

“Oleh karena itu, saya tak bosan-bosannya selalu memberikan motivasi dan contoh yang baik kepada seluruh bawahan agar dapat bekerja secara optimal,” imbuh Orang Nomor Satu di lingkungan PPS-UPR tersebut.

Guru Besar yang memiliki dedikasi tinggi untuk memajukan UPR ini juga menambahkan bahwasanya dalam mencapai tujuannya, PPS-UPR selalu berlandaskan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor UPR, terutama dalam upaya mempersiapkan SDM Unggul dan Berdaya Saing Global, hal ini juga sejalan dengan motto dari PPS-UPR itu sendiri, yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’ menuju UPR Jaya Raya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 
KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!