Upaya Memakmurkan Warga Desa, Wendi ‘GERDAYAK’ Bentuk Koperasi

 Upaya Memakmurkan Warga Desa, Wendi ‘GERDAYAK’ Bentuk Koperasi

FOTO : Wendi Soewarno Loentan.

KALTENGNEWS.co.id – LAMANDAU –Koperasi Makmur Dayak Mandiri merupakan instrumen badan usaha untuk mendongkrak perekonomian masyarakat desa. Koperasi yang bergerak di bidang usaha Peron jual beli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit itu bermitra dengan para petani pekebun di desa sekitar.

Tokoh masyarakat yang juga Ketua I Koperasi Makmur Dayak Mandiri, Isam Sudi sambut baik langkah Wendi Soewarno membentuk dan mensejahterakan masyarakat desanya melalui program  koperasi Makmur Dayak Mandiri.

“Semoga masyarakat Dayak kami dapat maju dan sejahtera. Kini kami sedang membangun peron dan gudang di lokasi Desa Ajang,” ujarnya, Minggu (3/4/2021).

FOTO : Masyarakat Desa Ajang, Kabupaten Lamandau saat menggelar musyawarah membahas Koperasi Makmur Dayak Mandiri.

Wendi Soewarno Loentan yang juga Ketua DPK Gerdayak menjelaskan, selain jual beli TBS dirinya juga bakal membangun beberapa usaha lainnya, seperti penggemukan sapi melalui Program Sapi Sawit dan usaha kecil produk kreatif kerajinan tangan khas Dayak.

“Saya berharap masyarakat tiap desa dapat memiliki ruang membangun usaha melalui koperasi sebagai motor penggerak perekonomian mereka,” harapnya.

Terkait polemik warga dengan PT. SMG, kini pihak perusahaan sudah hadir di Desa Laman Baru dan Ajang. Selama beberapa bulan terakhir, program plasma perusahaan tersebut mulai dicanangkan dan membawa angin segar bagi masyarakat sekitar areal perusahaan.

Semoga proses pembangunan plasma segera terlaksana. Pada umumnya masyarakat memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berusaha keras mendapatkan haknya atas program plasma tersebut,” ujarnya. (ynd/agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!