Selama Ramadhan 1442 H, KPw-BI Kalteng Persiapkan Rp. 3,35 Triliun Uang Tunai

 Selama Ramadhan 1442 H, KPw-BI Kalteng Persiapkan Rp. 3,35 Triliun Uang Tunai

FOTO: Ilustrasi Uang Tunai Rupiah (IST.)

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021, Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya memenuhi kebutuhan uang tunai untuk masyarakat.

Hal ini seperti diutarakan oleh Kepala KPw-BI Kalteng, Rihando menyampaikan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan uang tunai sebesar Rp. 3,35 triliun. Penyiapan uang tunai tersebut meningkat sebesar 1,23 persen (yoy) dibandingkan dengan tahun lalu sebesar Rp3,31 triliun.

“KPw-BI Kalteng bersama dengan perbankan telah bersinergi menyelenggarakan kegiatan layanan penukaran uang rupiah selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H di 56 titik kantor bank di seluruh Provinsi Kalimantan Tengah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” terangnya, Senin (19/4/2021).

Lebih dalam, Rihando menuturkan bahwa sinergi juga dilakukan untuk menjaga ketersediaan uang rupiah yang layak edar, dalam yang jumlah yang cukup di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan mesin setor tarik atau Cash Recycling Machine (CRM).

Selain itu, untuk mendukung kemeriahan Ramadhan/Idul Fitri 1442 H KPwBI Kalteng membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 Tahun RI) melalui penukaran di kantor BI dan jaringan kantor bank.

UPK 75 Tahun RI tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi sekaligus sebagai suvernir dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H.

“Masyarakat yang ingin menukar dapat melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi penukaran PINTAR (https://pintar.bi.go.id), menggunakan 1 KTP untuk menukarkan maksimal sebanyak 100 (lembar) UPK 75 Tahun RI setiap harinya dan dapat diulang pada hari berikutnya.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUALNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!