Investor Musti Hormati dan Patuhi Tradisi Hukum Adat di Barsel

 Investor Musti Hormati dan Patuhi Tradisi Hukum Adat di Barsel

FOTO : Ketua Komisi II DPRD Barito Selatan, Ensilawatika Wijaya SE.

KALTENGNEWS.co.id – BUNTOK – Komisi II DPRD Barito Selatan mengharapkan bagi para investor yang menanamkan modalnya untuk mengutamakan adat istiadat masyarakat setempat.

“Karena, masyarakat setempat masih menjunjung tinggi norma hukum adat. Pasalnya, itu sudah menjadi tradisi yang melekat dalam budaya setempat,” kata anggota komisi II DPRD Barsel Ensilawatika Wijaya, Minggu (21/3/2021).

Dikatakan politisi PDIP Barsel itu, hukum adat merupakan warisan budaya secara turun-temurun sejak zaman nenek moyang terdahulu yang masih kental melekat dalam kehidupan masyarakat. Karena itu, kata dia, Investor yang berinvestasi di Kabupaten Barsel agar mengerti dan menghormati adat masyarakat setempat.

“Semua itu dilakukan sematamata untuk menghindari konflik sosial,” tegasnya.

Wakil rakyat Dapil II Barsel itu berharap, agar investor wajib mendahulukan kepentingan adat budaya setempat di atas kepentingan pribadi. Ia mengimbau, investor yang menanamkan modal di wilayah itu jangan ada lagi permasalahan yang menyangkut sengketa lahan yang berhubungan dengan hukum adat ketika berinvestasi.

“Jika ada permasalahan diharapkan diselesaikan musyawarah untuk mencapai kata mufakat,” pinta Ensilawatika. (aga/HM)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!