Terapkan Protokol COVID-19, Sebanyak 1.542 Wisudawan Lulusan UPR Ikuti Wisuda Periode Agustus 2020

 Terapkan Protokol COVID-19, Sebanyak 1.542 Wisudawan Lulusan UPR Ikuti Wisuda Periode Agustus 2020

FOTO: Prosesi Wisuda Periode Bulan Agustus 2020, di Gelar dengan menerapkan metode Drive Thru. Kegiatan terlaksana di halaman utama gedung Rektorat UPR, pada hari Selasa (1/9/2020) malam

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar Sidang Senat Terbuka dengan acara wisuda Sarjana Srata Satu (S1) dan Pascasarjana Strata Dua (S2) serta Starata Tiga (S3) periode bulan April dan periode bulan Agustus 2020. Kegiatan terlaksana di halaman utama gedung Rektorat UPR, pada hari Selasa (1/9/2020) malam.

Ada hal yang berbeda dirasakan, dalam pelaksanaan wisuda periode bulan Agustus 2020 ini. Yangmana, pada gelaran wisuda periode Agustus 2020 ini, terlebih di tengah situasi pandemi COVID-19, baik itu tempat maupun tata laksana acara, setelah melalui rangkaian persiapan dan pertimbangan yang cukup panjang dan sangat matang.

Akhirnya, panitia penyelenggara pun, mengambil beberapa langkah yang dinilai terbilang masih baru serta cukup unik. Berdasarkan pantauan lapangan, perbedaan pelaksanaan wisuda periode bulan Agustus 2020 ini, diantaranya ialah tempat pelaksanaan kegiatan, pada periode-periode sebelumnya sering di gelar di aula Palangka UPR, dan periode ini digelar di tempat terbuka, dengan pengawasan yang sangat ketat, dalam kedisiplinan penerapan protokol pandemi COVID-19, seperti menerapkan ‘Drive Thru’, menggabungkan wisuda offline secara terbatas dengan wisuda melalui sambungan virtual atau dalam jaringan (daring).

Saat dibincangi Kaltengnews.co.id, Ketua Panitia Wisuda periode bulan Agustus 2020, Iring, SE, M.Si menyampaikan, sebelum menggelar wisuda ini, ada beberapa tahapan yang dilalui oleh pihak panitia penyelenggara Wisuda periode bulan Agustus 2020.

Mulai dari melakukan rapat internal, kemudian melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, terlebih kordinasi bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTPPC-19) Kota Palangkaraya, terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19, seperti apa dan bagaimana yang semestinya dilakukan oleh panitia.

Kemudian, setelah melalui serangkaian persiapan serta koordinasi antar pihak, maka selanjutnya panitia pun akhirnya, pada hari ini menggelar wisuda dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan pandemi COVID-19.

Yang menarik, sekaligus pula menjadi perhatian bersama, yakni selain dilakukan secara virtual atau daring, pelaksanaan wisuda dengan cara offline, dilakukan dengan cara Drive Thru.

FOTO: Jalur Drive Thru yang dilintasi oleh para wisudawan, dalam acara wisuda periode bulan Agustus 2020

 

Adapun cara Drive Thru itu sendiri dilaksanakan, yakni setiap peserta yang telah ditunjuk berdasarkan kelulusan terbaik pada periode bulan April maupun periode bulan Agustus, dengan menggunakan kendaraan (mobil) melintasi jalur, yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh panitia penyelenggara wisuda.

Kemudian, saat melintasi jalur yang ada di depan pintu masuk gedung rektorat, selanjutnya calon wisudawan pun lalu keluar turun dari mobil, untuk menghadap pimpinan Sidang Senat Terbuka, yakni tidak lain adalah Rektor UPR bapak Dr. Andrie Elia Embang, SE., M.Si, untuk pemindahan tali kuncir sebagai simbol kelulusan.

Lalu para wisudawan terpilih, selanjutnya juga menerima ijasah yang diberikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Salampak, MS, serta disaksikan pula oleh unsur senat universitas, Dekan dari delapan fakultas dan Direktur Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya.

“Penerapan protokol pencegahan pandemi COVID-19, kami lakukan diantaranya ialah dengan menggunakan cara Drive Thru. Harapannya juga cara ini bisa mencegah penularan pandemi COVID-19, sekaligus pula menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi yang ada di Kota Palangkaraya, ketika ingin menggelar wisuda,” Timpalnya.

FOTO: Rektor UPR Dr. Andrie Elia Embang, SE., M.Si didampingi jajaran, saat dibincangi awak media, usai memimpin kegiatan wisuda periode bulan Agustus 2020

 

Sementara itu, masih di hari dan tempat yang sama, saat dibincangi para awak media, Rektor UPR Dr. Andrie Elia Embang, SE., M.Si menyampaikan apresiasi kepada pihak panitia, yang telah melakukan kegiatan Sidang Senat Terbuka, yakni dengan secara ketat menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan pandemi COVID-19, misalnya dengan menerapkan cara Drive Thru ini.

Lebih lanjut, Rektor UPR Dr. Andrie Elia juga mengutarakan, adapun jumlah wisudawan yang mengikuti acara wisuda periode Agustus 2020 ini, yakni ada sebanyak 1.542 orang, yang berasal dari 2 periode sekaligus, yakni periode wisuda bulan April dan periode wisuda bulan Agustus 2020.

“Kami juga menyampaikan terima kasih, kepada seluruh civitas akademika UPR, para wisudawan beserta pihak keluarga orang tua dan wali, yang telah bersedia mengikuti seluruh rangkaian acara wisuda, meskipun dengan penuh keterbatasan. Yangmana acar tersebut telah mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan pandemi COVID-19, sehingga gelaran acara wisuda ini bisa dilaksanakan secara baik, aman lancar dan sukses,” Katanya.

Sambung Ketua Alumni Gajah Mada (KAGAMA) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ini juga berharap, kepada seluruh wisudawan yang telah dikukuhkan, baik itu wisudawan S1 S2 dan S3, agar dapat terus mengembangkan ilmu yang telah berhasil diraihnya.

Semoga saja, ilmu yang telah didapat bisa bermanfaat bagi masyarakat, lingkungan sekitar dan kemajuan daerah Kalimantan Tengah. Tidak lupa, Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak keluarga, orang tua dan wali wisudawan, yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk berkuliah di UPR.

“Melalui wisuda yang baru saja digelar, maka selanjutnya kami menyerahkan kembali para wisudawan kepada pihak keluarga, orang tua dan wali wisudawan. Semoga saja, dengan ilmu yang berhasil diraih bisa bermanfaat untuk semua pihak, dan menjadi harapan kami juga, lulusan dari UPR bisa menjadi sumberdaya manusia yang unggul dan memiliki daya saing yang tinggi,” Tutupnya.

Sekedar untuk diketahui pula, selain digelar secara offline, wisuda juga dilakukan pada malam ini, diikuti oleh para wisudawan lainnya, melalui sambungan virtual atau daring. Khususnya pemindahan tali kuncir untuk wisudawan yang secara online, dilakukan oleh pihak keluarga, orang tua dan wali wisudawan ditempatnya masing-masing. (YS)

TONTON JUGA BERITA LAINNYA DI: KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!