PWI Kapuas Melaksanakan Pelatihan Pengelolaan MADING Tingkat SLTA

Kapuas,GK-Kegiatan Pelatihan Mengelola Majalah Dinding (MADING) Tingkat SLTA/Sederajat yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dibuka secara resmi oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, Selasa (6/12) Pagi bertempat di Aula Kantor Bappeda Kuala Kapuas.
Acara ini selain dihadiri oleh seluruh anggota PWI Kabupaten Kapuas juga dihadiri oleh Pengurus PWI Provinsi Kalteng yang akan bertindak sebagai narasumber. Tampak hadir, Forkopimda Kabupaten Kapuas, Ketua PWI Provinsi Kalteng H Sutransyah, Kepala SKPD, Kepala Badan Statistik Pusat Cabang Kabupaten Kapuas, Ketua PWI Kabupaten Kapuas Sri Hayati, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kapuas Dr Suwarno Muriyat, para undangan beserta pelajar se kota Kuala Kapuas.
Diadakannya kegiatan tersebut bertujuan agar siswa dan siswi mempunyai pemahaman, pengetahuan, kreasi dan inovasi dalam mengembangkan majalah dinding yang ada di sekolah. Selain itu, dapat dijadikan sebagai media informasi yang sederhana di lingkungan sekolah yang dibuat berdasarkan kaidah jurnalistik.
Bupati Kapuas dalam sambutannya menginformasikan beberapa hal terkait pembangunan di Kabupaten Kapuas baik di segala bidang khususnya perekonomian, dimana pembangunan yang ada di Kabupaten Kapuas bergerak lebih maju dan mengalami kenaikan yang signifikan. Selain itu, ia juga menginformasikan tentang program prioritas di Kabupaten Kapuas baik bidang pendidikan maupun kesehatan dan infrastruktur yang akan dibangun sampai ke pelosok-pelosok daerah di Kabupaten Kapuas.
Kemudian, lanjut dia, terkait dengan kegiatan yang diadakan, Ben menyampaikan rasa bangganya serta memberikan apresiasi dan terima kasih kepada PWI Kabupaten Kapuas yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.
Ia mengatakan kegiatan tersebut sangat penting dan berguna bagi siswa dan siswi untuk mengasah dan mengajarkan mereka menulis dengan baik dan lebih banyak membaca untuk menambah pengetahuan. Karena menurutnya dengan pengetahuan yang tinggi akan menjadi modal dalam menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Lebih jauh, ia berpesan kepada semua pelajar yang hadir agar bersama-sama memerangi narkoba, zenith dan minuman keras. “Saya tidak mau ada anak-anak muda maupun orang dewasa yang jalan-jalan sempoyongan di tepi jalan bahkan di tengah jalan karena mabuk. Saya menghimbau kepada Satpol PP bekerja sama dengan Polres Kapuas untuk melakukan razia,” tekannya.
Ia juga berpesan sesuai dengan instruksi Polres Kapuas, para pelajar dan masyarakat Kapuas ketika mengendarai sepeda motor harus menggunakan helm supaya aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. “Saya berpesan kepada anak-anakku sekalian agar belajar dengan baik dan disiplin, panang menyerah untuk menjadi orang yang sukses,” ucapnya.
Ben meminta untuk menjaga kebhinekaan Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika dan dengan keberagaman yang ada saling mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan dalam membangun Kabupaten Kapuas.
Ia berharap kepada semua pelajar ke depan menjadi orang yang suskes dan menjadi pemimpin masa depan.” Kalian lah pemimpin masa depan, saya doakan ada yang menjadi Bupati, Gubernur bahkan Presiden. Tidak ada yang mustahil apabila kalian belajar dengan gigih,” ucap Ben.
Ditempat yang sama, Ketua PWI Provinsi Kalteng dalam sambutannya mengatakan merupakan hal yang luar biasa PWI Kabupaten Kapuas membantu Program Pemerintah Daerah khususnya dalam bidang informasi dan pendidikan.
Oleh karen itu, Sutransyah menghimbau kepada PWI Kabupaten Kapuas untuk terus memprogramkan kegiatan tersebut secara berkesinambungan bekerja sama dengan instansi terkait agar terus memberikan semangat dan motivasi kepada para pelajar.
“PWI harus memberikan kontribusi yang positif karena saya yakin dan percaya Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan sepanjang kegiatan itu memberikan manfaat dan dampak yang positif,” katanya.
Sebelumnya, Ketua PWI Kapuas dalam laporannya menerangkan sejak tiga tahun terakhir Dewan Pers dan PWI melakukan pembenahan di bidang Jurnalistik baik dalam hal peningkatan mutu pendidikan wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan dan juga mengenalkan dunia jurnalistik melalui pelatihan  di kalangan masyarakat umum khususnya pelajar dan mahasiswa.
Kemudian, ia mengungkapkan, Januari 2017 pihaknya akan mengunjungi sekolah-sekolah didaerah hulu, selain memberikan pembekalan juga membagikan bantuan buku tulis untuk sekolah yang membutuhkan.
“Dengan adanya kunjungan ini kami berharap tidak hanya pelajar dikota yang pandai menulis tetapi penyebaran jurnalistik ini sampai ke seluruh kecamatan dengan tujuan memicu kreativitas mereka dan memicu mereka untuk gemar membaca,” ungkapnya. (rizky)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *