Kotim Miliki 45 Komunitas Belajar Literasi dan Numerasi

 Kotim Miliki 45 Komunitas Belajar Literasi dan Numerasi

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Puluhan komunitas belajar literasi dan numerasi (litnum) terbentuk dan tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sebagai komitmen bersama pemerintah dan sekolah untuk memajukan dunia pendidikan.

“Hingga saat ini sudah terbentuk sebanyak 45 komunitas yang terdiri dari 20 komunitas belajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 25 komunitas belajar Sekolah Dasar (SD),” kata Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kotim, Suyoso, Senin 6 Maret 2023.

Menurutnya, komunitas belajar litnum berbasis kecamatan ini menjadi akses untuk penguatan kompetensi guru dan kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi litnum para siswa.

“Untuk guru, ini bisa meningkatkan kemampuan dasar litnum, begitu juga kepala sekolah dan pengawas sekolah. Jika diaplikasikan, Litnum bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri, berpikir logis, sistematis, memahami persoalan hidup, memecahkan kendala dan tantangan yang dihadapi, serta mengembangkan gagasan, potensi dan sumber daya yang dimiliki,” bebernya.

Untuk diketahui, program ini diprioritaskan kepada para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah, mulai dari jenjang SD hingga SMA sederajat. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!