Walikota dan Dandim 1016/PLK Resmikan Pelaksanaan TMMD Imbangan Ke-109 tahun 2020 di Palangka Raya

 Walikota dan Dandim 1016/PLK Resmikan Pelaksanaan TMMD Imbangan Ke-109 tahun 2020 di Palangka Raya

FOTO: Walikota Palangka Raya Fairid Naparin didampingi jajaran, dan Komandan Kodim 1016/PLK Kolonel Inf. I Gede Putra Yasa, saat meresmikan pelaksanaan kegiatan TMMD Imbangan Ke-109 di wilayah Kota Palangka Raya. Kegiatan berlangsung di aula pertemuan Kodim 1016/PLK, Selasa (22/9/2020) pagi tadi.

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

Yang dilaksanakan secara terintegrasi, bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan, serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Di wilayah Kalimantan Tengah, khususnya di bawah jajaran Korem 102/PJG, kegiatan TMMD Ke-109 periode tanggal 22 September hingga 21 Oktober 2020, dilaksanakan di beberapa daerah, diantaranya adalah wilayah Kodim 1015/Sampit (1015/SPT) di Desa Bapinang Hilir, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur dengan kegiatan TMMD Reguler, sementara untuk wilayah Kodim 1016/Palangka Raya (1016/PLK) dengan kegiatan TMMD imbangan.

Khususnya kegiatan TMMD imbangan Ke-109 di wilayah Kodim 1016/PLK. Yang mana, pembukaan kegiatan langsung dilakukan oleh Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin bersama Komandan Kodim 1016/PLK, Kolonel Inf. I Gede Putra Yasa., bertempat di aula pertemuan Kodim 1016/PLK, Selasa (22/9/2020) pagi tadi.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin menyampaikan, kegiatan TMMD dilaksanakan, untuk mewujudkan ruang juang, alat juang, kondisi juang dan kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Hal itu dijalankan, dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik maupun non flsik.

“Dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan di wilayah Kalteng, khususnya di wilayah Kota Palangka Raya maka tugas pokok pemberdayaan wilayah pertahanan oleh TNI dikemas dalam kegiatan operasi bhakti TNI,” Bebernya.

Sambung Fairid menambahkan, upaya dan tekad pemerintah dalam membangun negara dan bangsa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat membutuhkan dukungan semua pihak.

Salah satunya upaya yang dilakukan, adalah melaksanakan pembangunan bersifat fisik, maupun non fisik, di antaranya ialah melalui kegiatan TMMD Kodim 1016 di wilayah komando Korem 102 Panju Panjung.

Sementara itu, masih di hari dan tempat yang sama, Dandim 1016/PLK, Kolonel Inf I Gede Putra Yasa menuturkan, TMMD kali ini mempunyai dua sasaran utama. Yakni pembangunan secara fisik dan pembangunan non fisik.

“Sasaran kegiatan flsik diutamakan untuk membangun infrastruktur, sarana dan prasarana yang betul-betul menjadi kebutuhan dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Terutama untuk membuka isolasi daerah terpencil guna meningkatkan roda perekonomian masyarakat di daerah,” Tukasnya.

Sementara, untuk sasaran kegiatan non fisik diarahkan, lebih kepada upaya mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dalam membangun daerahnya menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri. (YS)

TONTON JUGA BERITA LAINNYA DI: 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!