Maksimalkan Pengembangan Sektor Strategis

 Maksimalkan Pengembangan Sektor Strategis

FOTO: Anggota DPRD Kalteng, Sugiyarto.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Sugiyarto meminta pemda di provinsi ini, supaya dapat fokus dalam melirik peluang pengembangan sektor strategis yang dapat menghasilkan bagi daerah.

Menurut dia, potensi setiap daerah itu pasti ada, tinggal hanya pemda mencanangkan program dan melakukan pengembangan terhadap potensi tersebut, sehingga bisa memberikan manfaat bagi daerah.

“Apalagi ada proyek besar yang dibangun oleh pemerintah pusat di pulau Kalimantan yaitu IKN, kita harus mendukung itu, caranya yakni mengembangkan potensi yang ada disetiap daerah,” ujarnya, Jumat (24/11/2023),

Ia mencontohkan, misalnya seperti pertanian, perikanan, peternakan maupun perkebunan ini merupakan diantara sektor strategis yang apabila dikembangkan dapat menghasilkan ekonomi bagi daerah.

Dalam upaya mengembangkan sektor-sektor strategis itu juga perlu melibatkan masyarakat maupun investor agar dalam prosesnya bisa berjalan lancar dan benar-benar mampu menyokong kebutuhan daerah maupun nasional.

“Ini kan kaitannya terhadap pangan, bayangkan berapa ton pangan yang dibutuhkan IKN nantinya, kita harus bisa menyokong itu. Tapi sebelunya harus ada upaya menggali dan mengembangkan potensi daerah,” ujarnya lagi.

Diharapkan, peran Kalteng yang akan menjadi salah satu penyangga nanti benar-benar bisa nyata. Begitu juga dengan pengembangan sektor strategis lainnya harus dilakukan dengan maksimal salah satunya SDM. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!