Kualitas Lulusan Program Pascasarjana UPR Terus Meningkat

 Kualitas Lulusan Program Pascasarjana UPR Terus Meningkat

FOTO : Direktur Program Pascasarjana UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP dalam sambutannya pada acara Yudisium ke-34 periode April 2022, Jumat (22/04/2022) sore.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kualitas lulusan dari Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPs-UPR) terus menunjukkan peningkatan pada setiap periodenya. Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia pelaksana Yudisium ke-34 periode April 2022, Agung Wibowo, SHut, MSi, PhD dalam laporannya, Jumat (22/04/2022) sore.

Dikatakan Agung, peningkatan tersebut tidak terlepas dari serangkaian program yang telah ditetapkan oleh pimpinan Program Pascasarjana UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP, diantaranya adalah kewajiban publikasi yang telah diberlakukan sejak 2 (dua) tahun yang lalu.

“Kegiatan Yudisium ke-34 periode April 2022 ini menjadi momentum yang istimewa, karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1443 H. Tidak hanya itu, lebih membanggakan lagi para Yudisiawan dan Yudisiawati yang mengikuti Yudisium hari ini dipastikan orang-orang yang terbaik, dimana mereka ini minimal telah memiliki 1 jurnal ilmiah,” ucapnya.

Lanjut Agung mengatakan bahwa Program Pascasarjana UPR terus berupaya untuk menjadi Program Pascasarjana terdepan, dalam upaya mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan yang profesional, unggul dan berdaya saing global.

Dirinya juga menilai, langkah yang telah dipilih dan ditetapkan oleh Direktur Program Pascasarjana UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP, dalam mendorong setiap mahasiswa di program pascasarjana agar bisa menjadi seorang presenter, pada Seminar Nasional maupun Seminar Internasional itu dinilai sangat positif dan bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri.

Upaya lainnya, yakni mendorong setiap mahasiswa untuk bisa menjadi seorang penulis utama pada jurnal ilmiah internasional bereputasi, juga merupakan hal yang baik guna mempercepat waktu studi mereka (mahasiswa, red).

Sementara itu, masih di hari dan kegiatan yang sama, Direktur Program Pascasarjana UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP menyampaikan bahwa sebenarnya tidak susah untuk menjalani pendidikan sampai lulus dari Program Pascasarjana UPR, meski saat ini sudah menerapkan standar nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi (Kemendikbud—Dikti).

“Artinya, mutu lulusan dari Program Pascasarjana UPR, tidak perlu diragukan lagi, karena telah sesuai dengan standar nasional dari Kemendikbud—Dikti. Dimana segala tahapan pendidikan, berjalan dan berproses mengikuti acuan dari Kemendikbud—Dikti. Sehingga demikian, para lulusan dapat benar-benar memiliki mutu yang berkualitas unggul dan berdaya saing global,” ungkapnya.

Lanjut Prof. Yetrie, MP juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya, kepada pihak penyelenggara yang sudah mempersiapkan kegiatan dengan baik, sehingga akhirnya kegiatan Yudisium ini bisa berjalan dengan sukses.

Sementara, Yudisiawan dan Yudisiawati yang mengikuti kegiatan Yudisium hari ini, sambung Guru Besar yang ahli dibidang Klimatologi Hutan dan Manajemen Industri ini juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh Yudisiawan dan Yudisiawati, karena sudah mempercayakan Program Pascasarjana UPR, sebagai tempat untuk meningkatkan kompetensi diri, pada masing-masing program studi tempatnya berkuliah.

Ia juga berpesan kepada seluruh Yudisiawan dan Yudisiawati untuk bisa tetap menjaga nama baik almamater, serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah di dapat, terlebih untuk kepentingan mendukung dan memajukan pembangunan daerah dan masyarakat luas.

“Inilah komitmen kami dari Program Pascasarjana UPR, dalam upaya mempersiapkan SDM Unggul dan Berkompeten yang merupakan lulusan terbaik dari setiap program studi di PPs-UPR. Hal ini senada dengan motto kita yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’ menuju UPR Jaya Raya.” tandasnya.

Sekedar diketahui, PPs-UPR menggelar kegiatan silahturahmi internal dan Yudisium ke-34 periode April 2021 dilaksanakan di Ballroom – Luwansa Hotel, Jalan G. Obos Kota Palangka Raya dilaksanakan dengan tetap mengedepankan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat.

Tampak hadir, Direktur PPs-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP, didampingi Wakil Direktur I Dr. Ir. Evi Feronica Elbar, MSi dan Wakil Direktur II Dr. Indrawan Permana, ST, MA, serta diikuti pula oleh unsur pimpinan Program Studi dan tenaga kependidikan di lingkungan Program Pascasarjana UPR, serta keluarga dari Yudisiawan dan Yudisiawati. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *