Terkait Faktor Penyebab Pernikahan Dini, Inilah Tanggapan Legislator Provinsi

 Terkait Faktor Penyebab Pernikahan Dini, Inilah Tanggapan Legislator Provinsi

FOTO : Ketua Komisi III Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata DPRD Kalteng, Duwel Rawing.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Faktor ekonomi menjadi salah satu penyebab, sehingga anak dari keluarga ekonomi lemah untuk tidak melanjutkan pendidikan dan melakukan pernikahan di usia dini.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi III Bidang Pendidikan Kesehatan dan Pariwisata DPRD Kalteng, Duwel Rawing bahwa tidak hanya itu, hamil sebelum nikah juga menjadi faktor lain terjadinya pernikahan dini.

“Pemerintah sudah menetapkan aturan atau ketentuan usia menikah. Namun kalau sudah hamil diluar nikah, kalau tidak di nikahkan juga tidak baik. Maka terpaksa dinikahkan, namun karena belum siap berumah tangga, maka akhirnya bercerai. Ini juga salah satu penyebab tingginya anggka perceraian di wilayah ini,”ujarnya, Kamis (06/01/2022).

Dampak negatif pernikahan dini lainnya ucap mantan Bupati Katingan ini, tidak jarang anak-anak yang di lahirkan juga stunting/atau kurang ideal.

“Karena usia pasangan belum matang, anak yang dilahirkan juga rawan stunting, dan ada banyak kasus yang terjadi saat ini di beberapa desa. Diharapkan hal ini menjadi perhatian bersama mengatasi atau mencegah jangan sampai angka-angka pernikahan dini, angka percerain dan anak stunting semakin tinggi di wilayah ini.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *